Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terkini: 4 Wilayah Umumkan Menang dalam Referendum Gabung Rusia

Kompas.com - 28/09/2022, 07:55 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Para pejabat pro-Rusia di empat wilayah Ukraina yang diduduki Moskwa pada Selasa (27/9/2022) mengeklaim kemenangan dalam referendum untuk bergabung dengan Rusia di tengah kecaman internasional atas surat suara palsu.

Ini berarti ada potensi 15 persen lagi wilayah Ukraina akan dicaplok Rusia.

Badan jajak pendapat lokal di wilayah Zaporizhzhia selatan mengatakan 93,11 persen pemilih didapati memilih aneksasi Rusia setelah semua surat suara dihitung.

Namun dikatakan bahwa ini adalah hasil awal.

Baca juga: Referendum Ukraina: Tentara Bawa Senjata Masuk Rumah-rumah Warga Ambil Suara

Di Kherson, juga di Ukraina selatan, pihak berwenang mengatakan 87,05 persen pemilih memilih aneksasi Rusia setelah penghitungan suara selesai.

Di wilayah Luhansk, di Ukraina timur yang dikendalikan oleh separatis pro-Rusia, 98,42 persen diklaim memilih aneksasi oleh Rusia.

Dikutip dari AFP, sebagaimana diberitakan Kantor berita Pemerintah Rusia RIA Novosti, Leonid Pasechnik, Pemimpin Republik Rakyat Luhansk (RRL) mengatakan di Telegram, bahwa “jelas" bahwa Luhansk akan kembali ke Rusia.

Sementara itu, di wilayah Donetsk di Ukraina timur, badan pemungutan suara mengatakan 99,23 persen pemilih memilih aneksasi Rusia setelah semua surat suara dihitung.

Baca juga:

"Kami semua menginginkan (hasil referendum gabung Rusia) ini untuk waktu yang sangat lama," ucap Denis Pushilin, pemimpin separatis yang didukung Kremlin di Donetsk, 

"Kami bersatu kembali dengan tanah air kami yang hebat, dengan Rusia yang hebat," tambah dia.

Sementara itu, PBB mengatakan pihaknya "berkomitmen" pada "integritas teritorial" Ukraina dalam perbatasan yang telah "diakui".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com