27 Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus Karantina Covid, Warga China Marah: Kenapa Dini Hari?

Kompas.com - 19/09/2022, 11:33 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Kemarahan berkobar di kalangan pengguna media sosial di China setelah 27 orang tewas ketika sebuah bus yang membawa mereka ke fasilitas karantina Covid-19 mengalami kecelakaan di provinsi barat daya Guizhou.

Dengan jutaan orang China masih dalam pembatasan ketat strategi nol-Covid Beijing, kematian pada dini hari Minggu (18/9/2022) dengan cepat memicu kritik terhadap pemerintah.

Adapun sepanjang pandemi di Guizhou, hanya dua orang yang meninggal karena Covid.

“Bukti apa yang kamu miliki bahwa kamu tidak akan naik bus itu pada malam hari suatu hari nanti?” tulis satu unggahan populer di situs Weibo yang mirip Twitter sebagaimana dilansir Guardian pada Senin (19/9/2022).

Baca juga: WHO Umumkan Kabar Baik: Akhir Pandemi Covid Sudah di Depan Mata

Tanggapan dengan peringkat teratas berbunyi: “Siapa bilang kita tidak naik bus larut malam, kita jelas semua ada di sana. Kita semua berada di bus yang gelap dan menakutkan ini.”

Kecelakaan bus Karantina Covid China dengan cepat menjadi topik trending teratas Weibo pada Minggu (18/9/2022) sore sebelum tiba-tiba menghilang dari 50 topik trending teratas.

Setidaknya beberapa blog yang dibagikan secara luas dan marah tentang topik tersebut dihapus dari WeChat segera setelah publikasi.

Tetapi, beberapa laporan dan komentar pada awalnya tetap ada, meskipun banyak dari yang lebih kritis telah dihapus dari Weibo.

Kecelakaan itu terjadi di jalan raya di pedesaan provinsi Guizhou ketika kendaraan yang membawa 47 orang "terbalik", menurut polisi daerah Sandu dalam sebuah pernyataan di media sosial sebagaimana dilansir Guardian.

Dua puluh orang dirawat karena cedera dan petugas tanggap darurat dikirim ke tempat kejadian di prefektur Qiannan yang terpencil, kata polisi.

Baca juga: Ratusan Mahasiswa China Dipindahkan ke Karantina Ketat Usai Temuan Wabah Covid di Asrama

Halaman:
Sumber Guardian

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.