Kompas.com - 14/09/2022, 17:32 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Ada “wanita baru” di lingkaran dalam Kim Jong-un di Korea Utara yang kini menjadi sorotan tapi identitasnya untuk saat ini, tetap menjadi misteri.

Sosok itu sering terlihat dalam setelan jas, kacamata, dan membawa tas jinjing hitam.

Dia berada di sisi Kim minggu lalu selama konser luar ruangan besar-besaran dan juga terlihat membawa map pada pidato di parlemen negara itu, Majelis Rakyat Tertinggi, di mana Kim bersumpah untuk tidak pernah menyerahkan senjata nuklir.

Baca juga: Korea Selatan Ingin Bahas Reuni Keluarga dengan Korea Utara

Selama berbulan-bulan, media pemerintah Korea Utara yang dikontrol ketat telah menerbitkan foto atau video yang menunjukkan wanita itu – terkadang di sebelah Kim dan terkadang jauh di belakang. Tetapi tidak pernah ada yang mengidentifikasinya.

Situs web NK News yang berbasis di AS, yang melaporkan dengan cermat dan kritis tentang Korea Utara, pertama kali menyorotnya pada Februari dan telah mengikutinya sejak itu.

"Dia biasanya terlihat membawa tas jinjing, mungkin berisi barang-barang yang dibutuhkan pemimpin Korea Utara setiap saat seperti telepon, rokok, atau obat-obatan," kata situs tersebut sebagaimana dilansir Guardian pada Selasa (13/9/2022).

Diperkirakan dia berusia 30-an atau 40-an dan spekulasi tentangnya memperkirakan bahwa dia bahkan mungkin salah satu kerabat Kim.

Baca juga: Seberapa Mumpuni Senjata Korea Utara saat Diminta Bantuan Rusia?

Pemimpin Korea Utara diperkirakan memiliki setidaknya dua saudara tiri, bernama Kim Sol-song dan Kim Chun-song, keduanya lahir pada 1970-an.

NK News mengatakan Kim Sol-song, kakak tirinya, mungkin "tetap aktif dalam kepemimpinan partai di belakang layar." Tapi, sangat sedikit yang diketahui tentang Kim Chun-song.

Dinasti Kim, yang didirikan pada 1948 oleh Kim Il-sung, telah memerintah dengan tangan besi selama tiga generasi dan jarang mengangkat perempuan ke posisi senior.

Halaman:
Sumber Guardian

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.