Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ungkapan Kesedihan dan Kebanggaan Pangeran William Terkait Kepergian Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 11/09/2022, 09:11 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Sky News

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran William Wales telah memberikan penghormatan kepada neneknya, Ratu Elizabeth II, dengan mengatakan bahwa dia berada di sisinya "selama hari-hari paling menyedihkan dalam hidup saya".

Dilansir Sky News, William, yang sekarang menjadi pewaris takhta, mengatakan dia masih berduka atas kehilangan itu.

Meski begitu dia juga merasa "sangat bersyukur" telah mendapatkan "manfaat kebijaksanaan dan kepastian Ratu dalam dekade kelima".

Baca juga: Ratu Elizabeth II dan Kemeriahan Simbolik Sisa-sisa Kejayaan Imperial

Dalam pernyataan publik pertamanya sejak kematiannya, William mengatakan: "Pada hari Kamis, dunia kehilangan seorang pemimpin yang luar biasa, yang komitmennya terhadap negara, Alam, dan Persemakmuran adalah mutlak".

"Namun, saya telah kehilangan seorang nenek. Dan sementara saya akan berduka atas kehilangannya, saya juga merasa sangat bersyukur. Saya telah mendapat manfaat dari kebijaksanaan dan kepastian Ratu dalam dekade kelima saya," ujarnya.

Dia juga berbicara tentang dukungan dan cinta yang dimiliki Ratu untuk istri dan anak-anaknya selama beberapa dekade terakhir.

"Istri saya telah memiliki 20 tahun bimbingan dan dukungannya. Ketiga anak saya harus menghabiskan liburan bersamanya dan menciptakan kenangan yang akan bertahan sepanjang hidup mereka," ujarnya.

"Dia berada di sisiku di saat-saat paling bahagiaku. Dan dia berada di sisiku selama hari-hari paling menyedihkan dalam hidupku. Aku tahu hari ini akan datang, tetapi itu akan menjadi beberapa waktu sebelum kenyataan hidup tanpa Nenek akan benar-benar terasa nyata," tambahnya.

Baca juga: BERITA FOTO: Suasana Berkabung London atas Wafatnya Ratu Elizabeth II

William juga berterima kasih pada Ratu atas kebaikan yang dia tunjukkan kepada keluarganya.

"Nenek saya terkenal mengatakan bahwa kesedihan adalah harga yang kita bayar untuk cinta. Semua kesedihan yang akan kita rasakan dalam beberapa minggu mendatang akan menjadi bukti cinta yang kita rasakan untuk Ratu kita yang luar biasa. Saya akan menghormati ingatannya dengan mendukung ayah saya, dengan segala cara yang saya bisa," ungkapnya.

Pangeran William termasuk di antara Penasihat Penasihat yang bertemu di London pada Sabtu (10/9/2022) pagi untuk mendeklarasikan Raja Charles III sebagai penguasa baru.

Baca juga: Usai Ratu Elizabeth II Wafat, Pencarian Penerbangan dari AS ke London Langsung Melonjak

Upacara, yang berasal dari zaman Saxon, mewajibkan Raja memberikan penghormatan dan bersumpah untuk mengikuti teladan serta "inspirasi untuk apa yang tersisa dari hidupnya".

William kemudian bergabung dengan istrinya, serta Duke dan Duchess of Sussex, untuk menyapa orang banyak di Windsor.

Anggota keluarga Ratu lainnya memeriksa upeti bunga di luar Balmoral, kediaman Keluarga Kerajaan Skotlandia tempat dia meninggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com