Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Akui Tentaranya Mungkin Tembak Jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh

Kompas.com - 06/09/2022, 08:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

JENIN, KOMPAS.com - Kabar terbaru dari jurnalis Al Jazeera ditembak dan tewas, tentara Israel pada Senin (5/9/2022) untuk kali pertama mengakui salah satu anggotanya mungkin menembak reporter bernama Shireen Abu Akleh tersebut.

Dikatakan bahwa jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh ditembak lantaran tentara Israel salah mengira perempuan itu adalah milisi.

"Ada kemungkinan besar bahwa Nona Abu Akleh secara tidak sengaja terkena tembakan IDF (Pasukan Pertahanan Israel) yang ditembakkan ke arah tersangka yang diidentifikasi sebagai pria bersenjata Palestina," kata laporan investigasi akhir tentara atas kematiannya yang terjadi pada 11 Mei 2022.

Baca juga: AS: Jurnalis Al Jazeera Kemungkinan Ditembak Israel, tapi Tak Disengaja

Pengakuan tersebut muncul berbulan-bulan setelah tentara Israel bersikeras tidak mungkin menentukan sumber tembakan yang menewaskan Shireen Abu Akleh di Tepi Barat yang diduduki, dengan mengatakan bahwa itu bisa menjadi tembakan dari milisi.

“Kami menyimpulkan bahwa tidak mungkin menentukan dengan pasti tembakan mana yang membunuhnya, tetapi ada kemungkinan lebih tinggi bahwa dia terkena salah tembak dari seorang tentara IDF yang tidak mengidentifikasi dia sebagai jurnalis,” kata salah satu perwira senior militer Israel dikutip dari kantor berita AFP.

Jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh mengenakan rompi antipeluru bertanda "Pers" dan helm ketika ditembak di kepala saat meliput operasi tentara Israel.

Keluarga Abu Akleh mengatakan, Israel menolak bertanggung jawab atas pembunuhan putrinya, dalam siaran pers yang dikeluarkan setelah laporan tentara.

"Kami tetap sangat terluka, frustrasi dan kecewa," kata keluarga itu seraya meminta Amerika Serikat (AS) melakukan penyelidikan yang kredibel.

Baca juga:

Otoritas Palestina menuduh Israel sengaja membunuh jurnalis keturunan AS-Palestina itu di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat utara, sedangkan Israel bersikeras bahwa kalaupun seorang tentara melepaskan tembakan fatal itu tidak disengaja.

Sementara itu, Al Jazeera mengecam temuan penyelidikan Israel dan menuntut penyelidikan oleh badan internasional independen.

"Al Jazeera mengecam keengganan pasukan pendudukan Israel untuk secara eksplisit mengakui kejahatan mereka dan upaya menghindari penuntutan para pelaku," katanya.

Berita video tentang Jurnalis Al Jazeera Ditembak, Kemenlu AS Ungkap Kemungkinan Israel Tak Sengaja dapat disimak di bawah ini.

Firzha Yuni Kematian jurnalis Al Jazeera masih menimbulkan pertanyaan. Apakah disengaja atau tidak disengaja?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com