Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Rayakan Setahun Penarikan Tentara AS, Kembang Api Hiasi Langit Afghanistan

Kompas.com - 31/08/2022, 09:51 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KABUL, KOMPAS.com - Taliban merayakan setahun penarikan pasukan pimpinan Amerika Serikat (AS) dari Afghanistan pada Rabu (31/8/2022).

Dalam menyambut hal itu, Taliban menyatakan hari Rabu ini sebagai hari libur nasional Afghanistan dan menerangi ibu kota Kabul dengan lampu berwarna.

Setelah berkuasa, para pemimpin Taliban seperti diketahui telah menerapkan kembali versi keras hukum Islam mereka di Afghanistan yang kemudian memicu kritik dari sejumlah pihak di dunia.

Baca juga: Taliban Dekati Rusia untuk Bisa Beli Gandum, Gas, dan Minyak

Namun, terlepas dari adanya pembatasan keras dan krisis kemanusiaan yang kian dalam akibat kekuasaan Taliban, banyak warga Afghanistan mengaku senang pasukan asing yang mendorong pemberontakan Taliban telah pergi.

"Kami senang bahwa Allah menyingkirkan orang-orang kafir dari negara kami, dan Imarah Islam telah didirikan," kata Zalmai, seorang warga Kabul, sebagaimana dikutip dari Kantor Berita AFP.

Penarikan pasukan pimpinan AS terjadi pada 31 Agustus 2021 tengah malam, mengakhiri  intervensi militer Amerika Serikat selama 20 tahun yang dimulai setelah serangan 11 September 2001 di New York.

Sekitar 66.000 tentara Afghanistan dan 48.000 warga sipil dilaporkan tewas dalam konflik itu, tetapi kematian anggota layanan AS -total 2.461 orang - yang menjadi terlalu berat untuk ditanggung oleh publik Amerika.

Lebih dari 3.500 tentara dari negara-negara NATO lainnya juga tewas.

"Beban perang di Afghanistan bagaimanapun melampaui Amerika," kata militer AS pada Selasa (30/8/2022).

Baca juga: Taliban: Pakistan Izinkan Drone AS di Wilayah Udaranya untuk Masuk Afghanistan

Dua minggu sebelum akhir penarikan pasukan asing pimpinan AS pada tahun lalu, Taliban merebut kekuasaan menyusul serangan kilat terhadap pasukan pemerintah.

Spanduk perayaan kemenangan Taliban dikibarkan di Kabul pada hari ini, Rabu.

Sementara ratusan bendera putih Taliban bertuliskan proklamasi Islam telah dikibarkan di tiang lampu dan gedung-gedung pemerintah.

Pesta kembang api

Dalam perayaan setahun penarikan tentara AS di Afghanistan, pesta kembang turut dilakukan.

Pada Selasa malam, langit di atas ibu kota Kabul diwarnai dengan kembang api dan tembakan perayaan dari kerumunan pejuang Taliban.

Di Massoud Square, dekat bekas kedutaan AS, pejuang bersenjata yang membawa bendera Taliban meneriakkan "Matilah Amerika". Sementara, uang lain berkendara melintasi kota sambil membunyikan klakson.

Baca juga: Setahun Taliban Kuasai Afghanistan, Upaya Memulihkan Ekonomi Belum Berhasil

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com