Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Ganti Rugi Kasus Penyebaran Foto Kecelakaan Kobe Bryant Dikurangi Rp 14,8 Miliar, Istrinya Legowo

Kompas.com - 30/08/2022, 21:14 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Uang ganti rugi yang diterima istri Kobe Bryant atas gugatan penyebaran foto kecelakaan suami dan anaknya dikurangi 1 juta dollar AS (Rp 14,8 Miliar), setelah juri menemukan kesalahan administrasi dalam putusan persidangan.

Panel sembilan juri sepakat bahwa deputi dan petugas pemadam kebakaran melanggar privasi janda Kobe Bryant, dan membuatnya tertekan secara emosional dengan mengambil foto jenazah bintang NBA dan putri mereka, Gianna.

Setelah memberikan Vanessa 16 juta dollar AS (Rp 237,3 miliar), seorang juri menemukan kesalahan pada formulir putusan dan memberi tahu pengadilan tentang hal itu, menurut laporan USA Today.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Foto Kecelakaan Kobe Bryant | Tokoh Pro-Putin Tewas Lagi dalam Bom Mobil

Sekarang ganti rugi yang diberikan kepadanya dikurangi hingga menjadi 15 juta dollar AS (Rp 222.4) setelah kesalahan administrasi, kata Hakim John Walter kepada outlet tersebut.

Para juri juga memberikan 15 juta dollar AS kepada penggugat Chris Chester, yang kehilangan istrinya, Sarah, dan putrinya Payton dalam kecelakaan Calabasas, California.

Juri bermaksud untuk mendistribusikan kerusakan secara merata.

"Sembilan juri bermaksud agar penggugat Vanessa Bryant dan Christopher Chester diberikan ganti rugi yang sama," kata Walter kepada outlet tersebut sebagaimana dilansir New York Post pada Rabu (30/8/2022).

Dilaporkan bahwa Istri Bryant (40 tahun), menyetujui perubahan itu, dengan pengacaranya Luis Li menyebut koreksi itu “adil.”

“Sepanjang kasus ini, Vanessa Bryant hanya meminta pertanggungjawaban,” kata Li kepada outlet tersebut.

"Dia tidak pernah meminta jumlah dolar tertentu dan telah mempercayai juri untuk melakukan keadilan."

Baca juga: Misteri 3 Anak Kim Jong Un: Dari Kesaksian Menlu AS sampai Pengakuan Legenda NBA

Bryant dilaporkan berencana untuk menyumbangkan sejumlah besar uang tunai ke organisasi nirlaba Mamba and Mambacita Sports Foundation yang didirikan oleh mendiang suaminya.

Badan amal tersebut, yang diluncurkan oleh Kobe Bryant setelah pensiun pada 2016 sebagai Mamba Sports Foundation - sesuai julukannya, Black Mamba - menyediakan dana dan program olahraga untuk atlet muda di komunitas yang kurang terlayani, menurut situs webnya.

Yayasan ini berganti nama pada 2020 setelah kecelakaan tragis bintang NBA itu.

Selama persidangan, pengacara Bryant dan Chester mencatat bagaimana foto-foto jenazah korban dari lokasi kecelakaan dibagikan antara karyawan dari sheriff LA County dan departemen pemadam kebakaran dan dilihat oleh beberapa pasangan mereka.

Foto-foto itu belum dipublikasikan, tetapi Bryant bersaksi bahwa prospek gambar yang bocor membuatnya "setiap hari merasa takut saat menggunakan media sosial dan (foto) itu bermunculan."

Baca juga: Kim Jong Un Dapat Kiriman Doa dari Sahabatnya Legenda NBA Dennis Rodman

 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com