Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Tawarkan Rp 222 Juta untuk Orang yang Mau Pindah ke Pulau Terbesar Kedua di Mediterania Ini

Kompas.com - 25/08/2022, 19:01 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

ROMA, KOMPAS.com - Pemerintah Sardinia menawarkan hibah hingga 12.700 poundsterling (Rp 222 juta) sebagai insentif bagi mereka yang mempertimbangkan untuk pindah ke pulau Italia yang indah itu.

Para pejabatnya telah menyiapkan 38 juta poundsterling (Rp 667 miliar) untuk rencana ini, yang tujuannya untuk membantu menarik orang ke daerah pedesaan Italia dan meningkatkan perdagangan di kota-kota kecil Italia, dengan memberikan bantuan keuangan yang cukup besar kepada pembeli rumah.

Sardinia adalah pulau terbesar kedua di Mediterania dan telah lama dianggap sebagai permata alam dengan sejarah budaya yang kaya.

Pulau itu memiliki lebih dari 1.000 mil pantai berpasir, kota pelabuhan yang indah, dan reruntuhan zaman perunggu yang dibangun sejak 1.500 SM.

Baca juga: Geng India Jalankan Kantor Polisi Palsu 8 Bulan, Peras Uang dari Ratusan Orang

Tetapi seperti daerah pedesaan lainnya di Italia, wilayah ini menderita penyusutan populasi dan ekonomi, karena generasi muda berbondong-bondong pergi ke kota-kota besar untuk bekerja.

“Berkat kontribusi para pemilik rumah pertama itu, (Sardinia) menjadi lahan subur bagi mereka yang akan pindah ke sana atau memutuskan untuk membangun keluarga,” katanya sebagaimana dilansir Daily Mail pada Rabu (24/8/2022).

“Tidak akan ada pertumbuhan tanpa peningkatan yang nyata di pedalaman dan daerah yang paling tertinggal, yang harus melalui kebijakan baru untuk repopulasi mereka.

“Kami telah menciptakan kondisi bagi kaum muda agar mereka memutuskan tinggal dan mengembangkan struktur ekonomi wilayah yang paling rapuh ini.”

Hibah menarik yang ditawarkan berasal dari skema nasional, yang dirancang untuk mendorong orang untuk membeli rumah tua, merenovasi mereka dan memulai bisnis baru untuk meremajakan komunitas kecil di pedesaan Italia.

Pemandangan umum menunjukkan kapal dari Palau berlabuh di pelabuhan kepulauan Maddalena di lepas pantai Sardinia, Italia pada 17 September 2017.AFP PHOTO/DANIEL SLIM Pemandangan umum menunjukkan kapal dari Palau berlabuh di pelabuhan kepulauan Maddalena di lepas pantai Sardinia, Italia pada 17 September 2017.

Baca juga: Keluarga Korban Serangan 9/11 Tolak Uang dari Aset Beku Bank Afghanistan: Itu Uang Rakyatnya

Apa syaratnya

Namun, prospek pemberian hibang 12.000 euro (Rp 177,5 juta) untuk pindah ke salah satu pulau paling indah di Eropa, datang dengan beberapa peringatan menurut Schengen Visa News.

Pertama dan terpenting, uang hibah hanya dapat digunakan untuk mendanai pembelian atau renovasi rumah di Sardinia.

Properti yang dimaksud juga harus berlokasi di kotamadya dengan populasi kurang dari 3.000 orang, karena ini adalah kota yang paling membutuhkan dorongan ekonomi.

Meskipun pemerintah Irali akan menyerahkan jumlah maksimum 15.000 euro (Rp 222 juta) dalam beberapa kasus, hibah tidak dapat melebihi setengah dari total biaya properti atau renovasi yang direncanakan.

Jadi, pembeli rumah masih perlu mengeluarkan lebih banyak dari kantong mereka sendiri.

Terakhir, pembeli yang tertarik untuk menerima tawaran pemerintah Sardinia tidak dapat melakukannya kecuali mereka berencana untuk tinggal di sana secara penuh waktu.

Pemandian berfoto di pantai terpencil di Porto San Paolo di pantai timur pulau Sardinia Italia pada 18 September 2017.AFP PHOTO/DANIEL SLIM Pemandian berfoto di pantai terpencil di Porto San Paolo di pantai timur pulau Sardinia Italia pada 18 September 2017.

Baca juga: Model Tipu 18 Pria Sekaligus, Kantongi Uang Rp 4,4 Miliar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com