Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Hayat Mogadishu Dikepung Kelompok Bersenjata Afiliasi Al Qaeda Selama 30 Jam, Tewaskan Warga Sipil

Kompas.com - 21/08/2022, 13:02 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Al Jazeera

Petugas keamanan berpatroli di lokasi ledakan di Mogadishu pada 20 Agustus 2022.AFP PHOTO/HASSAN ALI ELMI Petugas keamanan berpatroli di lokasi ledakan di Mogadishu pada 20 Agustus 2022.

MOGADISHU, KOMPAS.com - Hotel Hayat Mogadishu dikepung oleh kelompok bersenjata yang berafiliasi dengan Al Qaeda, hingga menewaskan belasan orang dan mencederai puluhan lainnya.

Kantor berita AFP, mengutip seorang komandan keamanan mengatakan pasukan Somalia berhasil mengakhiri pengepungan yang terjadi sekitar 30 jam pada Sabtu (20/8/2022) malam.

CNN mewartakan sedikitnya 20 warga sipil tewas dan puluhan lainnya terluka dalam pengepungan itu, yang dimulai ketika anggota kelompok bersenjata Al-Shabab melepaskan serangan senjata dan bom di Hotel Hayat yang populer pada Jumat (19/8/2022) malam.

"Pasukan keamanan telah mengakhiri pengepungan sekarang dan orang-orang bersenjata itu tewas, kami tidak mendapat tembakan balasan dari dalam gedung dalam satu jam terakhir," kata komandan itu tanpa menyebut nama sebagaimana dilansir Al Jazeera pada Minggu (21/8/2022).

Baca juga: Militan Afiliasi Al Qaeda Klaim Bunuh Tentara Bayaran Rusia

Dia tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang jumlah total korban sipil atau keamanan atau berapa banyak anggota Al-Shabab yang tewas, tapi mengatakan pemerintah akan memberikan konferensi pers pada Minggu (21/8/2022) pagi.

“Hotel Hayat Mogadishu masih perlu dibersihkan dari bahan peledak yang mungkin ditanam,” tambahnya.

Laporan AFP muncul beberapa jam setelah Kantor Berita Nasional Somalia (SONNA) yang dikelola pemerintah mengatakan di akun Twitter-nya bahwa pasukan keamanan telah mengamankan 95 persen bangunan itu.

SONNA menerbitkan gambar seorang tentara di dalam kamar hotel dengan puing-puing dan jendela yang pecah, dan yang lain menunjukkan derek mengangkat seorang tentara ke lantai atas gedung tiga lantai.

Baca juga: Cara Kerja Rudal Hellfire R9X, Bunuh Pemimpin Al Qaeda Ayman Al Zawahiri Tanpa Lukai Anak dan Istrinya

AFP mengatakan pasukan keamanan telah menggempur hotel dengan senjata berat pada Sabtu (20/8/2022) malam dalam upaya untuk melenyapkan para penyerang yang bersembunyi di sana selama dua malam berturut-turut.Saksi mata yang menyaksikan drama tersebut dari atap gedung lain mengatakan kepada kantor berita bahwa mereka melihat api mengoyak hotel selama pemboman oleh pasukan keamanan, dengan ledakan besar dan tembakan dilaporkan.

Puluhan orang terjebak di hotel ketika serangan dimulai dan meskipun para pejabat mengatakan puluhan orang telah diselamatkan, termasuk anak-anak, tidak diketahui berapa banyak yang masih berada di dalam ketika pengepungan berakhir.

Seorang wanita, Hayat Ali, mengatakan tiga keluarganya berusia antara empat dan tujuh tahun ditemukan oleh pasukan keamanan bersembunyi di toilet hotel dalam keadaan syok, tetapi kemudian dipersatukan kembali dengan keluarga mereka.

Baca juga: Cara Mata-mata AS Temukan Pemimpin Al-Qaeda di Afghanistan

Korban selamat lainnya mengatakan kepada AFP bahwa dia dan beberapa rekannya telah melakukan shalat malam dan sedang minum teh di salah satu ruang terbuka hotel ketika mereka mendengar ledakan pertama pada Jumat (20/8/2022).

"Saya berhasil lari ke gerbang keluar terdekat dari para pria bersenjata itu," kata Hussein Ali.

“Orang-orang bersenjata mulai menembak dan saya bisa mendengar tembakan di belakang saya, tapi syukurlah… kami berhasil melarikan diri.”

Serangan ini adalah yang terbesar di Mogadishu sejak Presiden baru Somalia Hassan Sheikh Mohamud menjabat pada Mei dan terjadi saat pasukan pemerintah meningkatkan operasi melawan Al Shabab.

Halaman:
Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com