Kompas.com - 18/08/2022, 13:03 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Hadi Matar (24) tersangka penusukan Salman Rushdie mengaku terkejut penulis buku Ayat-ayat Setan itu selamat dari serangannya.

Pria asal New Jersey, Amerika Serikat (AS), tersebut mengatakannya kepada New York Post dalam wawancara yang diterbitkan pada Rabu (17/8/2022).

"Ketika saya mendengar dia selamat, saya terkejut, saya kira," kata Hadi Matar dalam wawancara video dari penjara, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Pengakuan Tersangka Penyerang Salman Rushdie: Punya Kekaguman kepada Ayatollah Khomeini

Namun, tersangka yang mengaku tidak bersalah atas tuduhan percobaan pembunuhan itu tidak mengatakan, apakah dia terinspirasi oleh dekrit 1989 dikeluarkan mantan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ruhollah Khomeini, yang memerintahkan pembunuhan Salman Rushdie karena isi buku Ayat-ayat Setan atau The Satanic Verses.

"Saya menghormati Ayatollah. Saya pikir dia orang yang hebat. Itu yang saya katakan tentangnya," ujar Hadi Matar yang menurut New York Post disarankan oleh pengacaranya untuk tidak membahas masalah itu.

Hadi Matar mengatakan kepada New York Post, dia membaca beberapa halaman novel Salman Rushdie.

"Saya tidak suka orangnya. Saya tidak berpikir dia orang yang sangat baik," katanya tentang penulis tersebut. "Saya tidak menyukainya. Saya sangat tidak menyukainya," lanjut Hadi Matar.

Ia juga mengaku tidak berhubungan dengan Garda Revolusi Iran, dan menambahkan bahwa tahu Salman Rushdie akan hadir di acara sastra Chautauqua Institution dari Twitter awal tahun ini.

Hadi Matar mengungkapkan kepada New York Post, dia naik bus ke Buffalo satu hari sebelum serangan, kemudian naik Lyft ke Chautauqua.

"Saya cukup banyak berkeliling. Tidak melakukan sesuatu yang khusus, hanya berjalan-jalan," katanya. "Saya cuma di luar saja."

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.