Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gutteres, Erdogan, dan Zelensky Akan Bertemu di Ukraina Bahas Solusi Akhiri Perang

Kompas.com - 17/08/2022, 06:41 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Sekjen PBB Antonio Guterres akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan di Kota Lviv, Ukraina barat pada Kamis (18/8/2022).

Juru bicara PBB Stephane Dujarric menyebut ketiganya akan membahas solusi untuk mengakhiri perang Rusia-Ukraina yang telah memasuki bulan keenam ini.

“Mereka akan membahas perlunya solusi politik untuk konflik ini," kata Dujarric pada konferensi pers di New York, AS, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: Zelensky Minta Pejabatnya Tak Nyerocos pada Wartawan soal Taktik Ukraina

Menurut dia, agenda Gutteres mendatangi Ukraina adalah atas undangan dari Presiden Zelensky.

"Atas undangan Presiden Volodymyr Zelensky, sekretaris jenderal akan berada di Lviv pada Kamis untuk menghadiri pertemuan trilateral dengan Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan dan pemimpin Ukraina," kata Dujarric, dikutip dari AFP.

"Saya tidak ragu bahwa masalah pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporzhzhia akan diangkat juga," tambah dia. 

PBB dan Turkiye sendiri telah beberapa kali ikut turun tangan membantu mengatasi persoalan yang terjadi akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Terakhir PBB dan Turkiye pada bulan lalu telah menengahi kesepakatan yang memungkinkan dimulainya kembali ekspor biji-bijian dari Ukraina setelah invasi Rusia memblokir pasokan pangan global tersebut.

Kapal carteran PBB pertama yang sarat dengan biji-bijian juga telah meninggalkan Ukraina pada Selasa (16/8/2022) untuk menuju Afrika.

Baca juga:

Kapal berangkat dari pelabuhan Ukraina Pivdennyi dan akan berlayar ke Djibouti untuk pengiriman ke Ethiopia, kata Kementerian Infrastruktur Ukraina.

Setelah melakukan pertemuan pada Kamis, Guterres sendiri dijadwalkan akan mengunjungi Kota Odessa pada Jumat (19/8/2022).

Pelabuhan Odesssa adalah salah satu dari tiga pelabuhan yang digunakan dalam kesepakatan untuk mengekspor biji-bijian Ukraina.

Setelah dari Ukraina, Sekjen PBB dijadwalkan akan bertolak ke Turkiye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com