Kompas.com - 15/08/2022, 09:01 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com – Rombongan anggota parlemen AS tiba di Taiwan pada Minggu (14/8/2022) dalam rangka kunjungan selama dua hari di sana. Mereka akan bertemu Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

Kelompok tersebut merupakan para pejabat tinggi lain dari AS yang mengunjungi Taiwan setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

Beijing, yang mengeklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, telah menggelar latihan militer di sekitar pulau itu setelah kunjungan Pelosi ke Taipei pada awal Agustus.

Baca juga: China Larang Impor Ribuan Produk Makanan Taiwan, Tapi Tidak Microchip

China telah lama mengeklaim kedaulatan atas pulau itu. Di sisi lain, Pemerintah Taiwan menolak klaim China, sebagaimana dilansir Reuters.

Kedutaan Besar AS de facto di Taipei mengatakan, rombongan dari parlemen AS tersebut dipimpin oleh Senator Ed Markey.

Markey didampingi oleh empat anggota DPR AS. Kantor Kepresidenan Taiwan mengatakan, para delegasi dari AS itu akan bertemu Tsai pada Senin (15/8/2022) pagi.

“Terutama pada saat China meningkatkan ketegangan di Selat Taiwan dan kawasan dengan latihan militer, Markey memimpin delegasi untuk mengunjungi Taiwan sekali lagi menunjukkan dukungan kuat Kongres AS untuk Taiwan,” kata Kantor Kepresidenan Taiwan.

Baca juga: Taiwan Berterima Kasih ke AS, Dianggap Jaga Keamanan Kawasan

Markey adalah Ketua Subkomite Hubungan Luar Negeri Senat AS untuk Asia Timur, Pasifik, dan Keamanan Siber Internasional.

Wakil pemimpin kunjungan tersebut adalah anggota DPR AS John Garamendi dari Kelompok Kerja Kontrol Senjata dan Senjata Nuklir dan anggota DPR AS Don Beyer.

Kedutaan Besar China di Washington mengatakan pada Minggu, anggota parlemen AS harus bertindak sesuai dengan kebijakan satu-China.

Halaman:
Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.