Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Berhasil Rusak Jembatan Kedua yang Penting di Wilayah yang Diduduki Rusia

Kompas.com - 14/08/2022, 10:44 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

KYIV, KOMPAS.com - Ukraina menyatakan telah menghancurkan jembatan utama lainnya yang penting bagi pasukan Rusia di wilayah Kherson selatan yang didudukinya.

Dikatakan jembatan di bendungan di Nova Kakhovka - yang telah diserang sebelumnya - sekarang tidak dapat dilewati. Klaim tersebut belum diverifikasi secara independen menurut laporan BBC pada Sabtu (13/8/2022).

Itu terjadi hanya beberapa minggu setelah Jembatan Antonivsky penghubung wilayah yang diduduki Rusia diruntuhkan oleh pasukan Ukraina.

Baca juga: Rangkuman Hari ke-171 Serangan Rusia ke Ukraina, Kemampuan Serangan Jarak Jauh Baru Ukraina, Pembukaan kembali McDonalds

Ukraina melancarkan serangan balasan terhadap kota Kherson, yang direbut Rusia pada hari-hari awal perang.

"Penghancuran jembatan jalan bendungan Nova Kakhovka sudah dipastikan, sehingga tidak beroperasi," kata Komando Operasi Selatan Angkatan Darat Ukraina di Facebook.

Dalam pembaruan intelijen harian, pejabat pertahanan Inggris mengatakan serangan presisi Ukraina kemungkinan telah membuat jalan yang melintasi Sungai Dnieper "tidak dapat digunakan untuk kendaraan militer berat"

Nova Kakhovka terletak sekitar 55km (34 mil) timur laut Kherson.

Pasukan Rusia hanya berhasil melakukan perbaikan dangkal ke Jembatan Antonivsky utama, kata para pejabat, yang menurut sumber militer Barat "sama sekali tidak dapat digunakan" setelah serangan roket artileri Himars bulan lalu.

Jembatan rel utama di dekat Kherson juga rusak berat minggu lalu, kata pembaruan Inggris.

“Bahkan jika Rusia berhasil melakukan perbaikan signifikan pada jembatan, mereka akan tetap menjadi kerentanan utama,” kata kementerian pertahanan Inggris.

Baca juga: Pasukan Rusia yang Menembak dari atau ke PLTN Zaporizhzhia Jadi Target Khusus Ukraina

Ia menambahkan bahwa ribuan tentara Rusia di sebelah barat sungai sekarang "hampir pasti hanya bergantung pada dua titik penyeberangan feri ponton" untuk pasokan darat.

Analis militer mengatakan risiko baru berkembang dari pasukan yang terputus dari sisa pasukan pendudukan utama Rusia.

Serangan itu merupakan bagian dari upaya Ukraina untuk mengisolasi pasukan Rusia, dengan tujuan akhir merebut kembali seluruh wilayah.

Jika terbukti berhasil, kampanye ambisius itu akan memberikan dorongan bagi Kyiv dengan merebut kembali dari Rusia satu-satunya ibu kota regional yang sejauh ini telah direbut sejak invasi pada Februari.

Kherson, yang memiliki populasi sekitar 290.000 sebelum perang, saat ini dikelola oleh pejabat yang didukung Moskwa.

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com