Kompas.com - 14/08/2022, 10:00 WIB

EDINBURGH, KOMPAS.com - Skotlandia gratiskan produk menstruasi pada Senin (15/8/2022). Dengan ini, Skotlandia besok akan menjadi negara pertama di dunia yang memastikan akses universal ke produk menstruasi secara gratis setelah disahkannya undang-undang penting pada 2020.

Pemerintah Skotlandia dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Minggu (14/8/2022), menyampaikan dewan dan penyedia pendidikan akan diwajibkan secara hukum untuk membuat produk menstruasi tersedia secara gratis bagi siapa saja perempuan yang membutuhkannya.

"Menyediakan akses ke produk periode gratis adalah dasar kesetaraan dan martabat, dan menghilangkan hambatan finansial untuk mengaksesnya," kata Sekretaris Keadilan Sosial Skotlandia Shona Robison.

Baca juga: Buron AS yang Palsukan Kematiannya Ditangkap di RS Skotlandia

"Kami bangga menjadi pemerintah nasional pertama di dunia yang mengambil tindakan seperti itu," tambahnya, sebagaimana dikutip dari AFP.

Parlemen Skotlandia dengan suara bulat mendukung RUU Produk Menstruasi, yang menjadikannya hak hukum untuk memiliki akses gratis ke produk tersebut di gedung-gedung publik, pada November 2020.

Produk menstruasi sudah gratis untuk pelajar dan mahasiswa, tetapi RUU tersebut menempatkan kewajiban hukum pada menteri untuk memastikan siapa pun dapat mengaksesnya.

Sekolah, perguruan tinggi, dan universitas juga harus menyediakan berbagai produk menstruasi secara gratis di toilet mereka.

Perdana Menteri Skotlandia Nicola Sturgeon menyambut baik keputusan tersebut saat itu.

"Bangga memilih undang-undang yang inovatif ini, menjadikan Skotlandia negara pertama di dunia yang menyediakan produk menstruasi gratis untuk semua yang membutuhkannya," tulisnya di akun Twitter-nya.

Baca juga:

"(Ini) Kebijakan penting bagi perempuan dan anak perempuan," ungkap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.