Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2022, 11:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

RIGA, KOMPAS.com – Latvia dan Estonia menarik diri dari kelompok kerja sama antara China dengan sejumlah negara-negara Eropa Tengah dan Eropa Timur (China-CEEC Cooperation) pada Kamis (11/8/2022).

Langkah tersebut diambil Latvia dan Estonia setelah tetangganya di Baltik, Lituania, terlebih dulu menarik diri dari kerja sama China-CEEC Cooperation.

Keluarnya Latvia dan Estonia diumumkan setelah China mendapat kritik keras dari negara-negara Barat atas peningkatan tekanan militer terhadap Taiwan dan penguatan ikatan Beijing dengan Rusia selama perang di Ukraina.

Baca juga: Dubes China: AS-lah Penghasut Utama Perang di Ukraina

Sebelumnya, hubungan antara China dan Lituania semakin memburuk ketika Vilnius mengizinkan Taiwan membuka kedutaan besar de facto, sebagaimana dilansir Reuters.

Dalam pernyataan yang dirilis pada Kamis, baik Latvia dan Estonia mengatakan bahwa mereka tetap melanjutkan hubungan yang konstruktif namun pragmatis dengan China, sambil tetap menghargai aturan internasional dan hak asasi manusia.

Kementerian Luar Negeri Latvia mengatakan, partisipasi negaranya di China-CEEC Cooperation tak lagi sejalan dengan tujuan strategis mereka dalam iklim internasional saat ini.

Baca juga: Awal Mula Krisis Properti China dan Dampaknya

Sedangkan Kementerian Luar Negeri Estonia tak segera menanggapi permintaan komentar tambahan ketika dihubungi Reuters.

Sementara itu, kedutaan besar China di Riga, Latvia dan Tallinn, Estonia juga tak segera menanggapi permintaan komentar.

Di sisi lain, Kementerian Luar Negeri Republik Ceko mengatakan pada Mei bahwa janji investasi besar China dan perdagangan yang saling menguntungkan tidak akan terpenuhi.

Langkah tesebut menyusul seruan di dalam parlemen Republik Ceko untuk keluar dari kelompok kerja sama China-CEEC Cooperation.

Baca juga: Fregat-fregat Beijing Berlatih di Laut China Selatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com