Kompas.com - 12/08/2022, 11:31 WIB

RIGA, KOMPAS.com – Latvia dan Estonia menarik diri dari kelompok kerja sama antara China dengan sejumlah negara-negara Eropa Tengah dan Eropa Timur (China-CEEC Cooperation) pada Kamis (11/8/2022).

Langkah tersebut diambil Latvia dan Estonia setelah tetangganya di Baltik, Lituania, terlebih dulu menarik diri dari kerja sama China-CEEC Cooperation.

Keluarnya Latvia dan Estonia diumumkan setelah China mendapat kritik keras dari negara-negara Barat atas peningkatan tekanan militer terhadap Taiwan dan penguatan ikatan Beijing dengan Rusia selama perang di Ukraina.

Baca juga: Dubes China: AS-lah Penghasut Utama Perang di Ukraina

Sebelumnya, hubungan antara China dan Lituania semakin memburuk ketika Vilnius mengizinkan Taiwan membuka kedutaan besar de facto, sebagaimana dilansir Reuters.

Dalam pernyataan yang dirilis pada Kamis, baik Latvia dan Estonia mengatakan bahwa mereka tetap melanjutkan hubungan yang konstruktif namun pragmatis dengan China, sambil tetap menghargai aturan internasional dan hak asasi manusia.

Kementerian Luar Negeri Latvia mengatakan, partisipasi negaranya di China-CEEC Cooperation tak lagi sejalan dengan tujuan strategis mereka dalam iklim internasional saat ini.

Baca juga: Awal Mula Krisis Properti China dan Dampaknya

Sedangkan Kementerian Luar Negeri Estonia tak segera menanggapi permintaan komentar tambahan ketika dihubungi Reuters.

Sementara itu, kedutaan besar China di Riga, Latvia dan Tallinn, Estonia juga tak segera menanggapi permintaan komentar.

Di sisi lain, Kementerian Luar Negeri Republik Ceko mengatakan pada Mei bahwa janji investasi besar China dan perdagangan yang saling menguntungkan tidak akan terpenuhi.

Langkah tesebut menyusul seruan di dalam parlemen Republik Ceko untuk keluar dari kelompok kerja sama China-CEEC Cooperation.

Baca juga: Fregat-fregat Beijing Berlatih di Laut China Selatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.