Kompas.com - 12/08/2022, 10:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin berharap Indonesia dapat memberikan bantuan kepada bangsa Ukraina, khususnya bagi minoritas Muslim Tatar yang membutuhkan sarana dan prasarana ibadah.

Dia berharap ada bantuan nyata ke Ukraina dari Indonesia setelah Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi berkunjung pada Juni lalu.

"Pasca kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo ke Ukraina diharapkan dapat dilanjutkan dengan bantuan nyata yang terfokus bagi minoritas Muslim Tatar,” kata Hamianin dalam keterangan yang diterima di Jakarta pada Kamis (11/8/2022), sebagaimana dikutip dari Antara.

Baca juga: Saat Dubes Ukraina Bacakan Puisi Aku karya Chairil Anwar

Dia juga berharap komunitas Muslim Indonesia dapat memberikan dukungan bagi komunitas Muslim Tatar di Semenanjung Crimea yang sangat menderita akibat invasi Rusia.

Hamianin mengatakan kondisi komunitas Muslim Tatar di wilayah itu sangat berat.

Sejak 2014, kata dia, wilayah tersebut telah dijajah Rusia dan hingga kini keseharian mereka terus menerus mengalami represi.

Dubes Ukraina untuk Indonesia itu menyebut Muslim Tatar mendapat tekanan dari Moskwa.

Dia menambahkan bahwa kondisi kehidupan Muslim Tatar semakin memprihatinkan akibat intensitas perang yang meningkat sejak Februari 2022 hingga kini.

"Tidak saja masjid yang rusak, umat Muslim Tatar pun kesulitan beribadah akibat tekanan," katanya.

Baca juga: Dubes Ukraina Ungkap 2 Opsi Akhiri Perang dengan Rusia

Untuk membangun infratruktur yang rusak akibat perang Rusia-Ukraina, kata Hamianin, pada tahun ini Ukraina juga akan berupaya menggelar Ukraine Platform Summit.

Ini adalah ajang penggalangan bantuan secara daring yang ditujukan bagi pembangunan kembali Ukraina.

“Kami berharap Yang Mulia Bapak Jokowi dapat terlibat dalam Ukraine Platform Summit, khususnya bagi umat Muslim Tatar di wilayah Crimea yang terdampak oleh serangan Rusia,” kata dia.

Jokowi, yang masuk dalam daftar tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia 2022 versi The Muslim 500, seperti diketahui telah berkunjung ke Ukraina untuk memfasilitas perdamaian kedua negara.

Baca juga: Dubes Ukraina Ungkap Pesan Zelensky ke Putin via Jokowi: Ada 3 Arti


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.