Kompas.com - 11/08/2022, 19:02 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida memecat menteri yang terkait dengan gereja Unifikasi dalam perombakan kabinet, di tengah protes publik atas hubungan partainya dengan gerakan keagamaan itu.

Perombakan ini terjadi lebih dari sebulan setelah pembunuhan Shinzo Abe oleh seorang pria, yang menargetkan mantan perdana menteri karena hubungannya dengan gerakan keagamaan yang dituduh menghancurkan keuangan keluarganya.

Abe, yang ditembak mati selama pidato kampanye, diketahui mengirim telegram dan pesan ucapan selamat kepada kelompok keagamaan, yang dikritik karena beroperasi seperti aliran sesat yang dimotivasi oleh keuntungan finansial.

Anggota kelompok keagamaan itu umumnya dikenal sebagai Moonies.

Kematian mantan pemimpin Jepang berusia 67 tahun itu telah mengekspos hubungan lama antara anggota partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa, dengan beberapa tokoh senior, termasuk menteri kabinet.

Baca juga: Apa itu Moonies, Gereja Unifikasi yang Disebut dalam Motif Pembunuhan Shinzo Abe?

Baca juga: 2,5 Detik Krusial dalam Pembunuhan Mantan PM Jepang Shinzo Abe…

Baca juga: PM Jepang Akan Copot Menteri Pertahanan, Ini Alasannya

Pencopotan 7 Menteri

Kebanyakan dari mereka akhirnya mengonfirmasi pernah menghadiri acara-acara gereja Unifikasi.

Sasaran paling menonjol dari perombakan pada Rabu (10/8/2022), adalah menteri pertahanan Nobuo Kishi, adik Abe, yang pemecatannya terjadi sebulan lebih awal dari yang diperkirakan. Dia telah mengakui bahwa anggota gereja Unifikasi telah berkampanye atas namanya.

Laporan media mengatakan Kishi dibebastugaskan karena masalah kesehatan, meskipun dia dilaporkan akan menjadi penasihat PM Kishida tentang keamanan nasional.

Secara keseluruhan, tujuh menteri yang mengungkapkan hubungan dengan gereja – yang sekarang menyebut dirinya sebagai Federasi Keluarga untuk Perdamaian dan Penyatuan Dunia – telah dirombak.

Itu termasuk menteri industri Koichi Hagiuda, yang dipindahkan ke posisi kunci partai.

Halaman:
Sumber Guardian
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.