Kompas.com - 11/08/2022, 18:31 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un rupanya pernah mengalami demam selama pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh adik perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong, dalam pidatonya pada Kamis (11/8/2022) yang diwartakan KCNA.

“Meskipun dia sakit parah dengan demam tinggi, dia tidak bisa berbaring sejenak untuk memikirkan rakyat yang harus dia jaga sampai akhir dalam menghadapi perang anti-epidemi,” ujar Kim Yo Jong.

Baca juga: Kim Jong Un Nyatakan Siap Bertempur Melawan AS

Korea Utara memilih kata “demam” dan bukan pasien virus corona karena kurangnya peralatan pengujian, sebagaimana dilansir BBC.

Korea Utara baru mengumumkan kasus Covid-19 pertamanya pada Mei dan telah melaporkan sejumlah kasus demam dan kematian sejak saat itu.

Tetapi, banyak pihak yang meragukan laporan dari Korea Utara, terutama jumlah kematian yang rendah.

Di satu sisi, Kim Yo Jong menyatakan kemenangan yang cemerlang atas Covid-19 itu dan memuji kegigihan yang tak tergoyahkan dari Korea Utara, KCNA melaporkan.

Baca juga: Kim Jong Un Kecam Presiden Korea Selatan

Kim Yo Jong juga menyalahkan Korea Selatan atas wabah Covid-19 di negaranya. Dia menuturkan, Seoul mengirim selebaran yang terkontaminasi Covid-19 melintasi perbatasan.

Para aktivis di Korea Selatan memang mengirim selebaran menggunakan balon untuk melintasi perbatasan ke Korea Utara selama beberapa dekade, meskipun praktik itu dilarang tahun lalu.

Kim Yo Jong menyebut, pengiriman selebaran sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan.

Halaman:
Sumber BBC
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.