Kompas.com - 11/08/2022, 09:20 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Seorang pria yang dituduh menjadi bagian dari sel ISIS yang dijuluki “The Beatles” ditangkap atas tuduhan terorisme di Inggris pada Rabu (10/8/2022).

Aine Davis terbang ke bandara Luton setelah dibebaskan dari penjara di Ankara, Turki, di mana ia menjalani hukuman tujuh setengah tahun karena menjadi anggota kelompok teroris.

Pria berusia 38 tahun dari London barat tersebut ditangkap di bandara oleh petugas dari komando kontra-terorisme polisi Metropolitan, dan dibawa ke kantor polisi di London selatan.

Baca juga: Mohammed Khalifa Divonis Penjara Seumur Hidup di AS atas Penyebaran Video ISIS

Kepolisian Metropolitan London mengatakan dia ditangkap sehubungan dengan pelanggaran berdasarkan pasal 15, 17 dan 57 dari Undang-Undang Terorisme, 2000.

“Kami akan selalu memastikan keselamatan dan keamanan Inggris, dan tidak akan membiarkan apa pun membahayakan ini,” kata Juru Bicara Home Office sebagaimana dilansir Guardian.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa seorang warga negara Inggris telah dideportasi dari Turki ke Inggris, tetapi tidak pantas untuk berkomentar lebih lanjut saat penyelidikan polisi sedang berlangsung.”

Selama persidangannya di Turki, Davis membantah menjadi bagian dari sel anggota London, yang dijuluki The Beatles oleh para sandera mereka karena aksen Inggris mereka.

Davis, yang meninggalkan Inggris untuk bergabung dengan ISIS pada 2013, ditangkap di dekat Istanbul pada 2015.

Baca juga: Bekas Benteng ISIS Jadi Lokasi Syuting Film Jackie Chan, Bergeliat Kembali Setelah Sempat Jadi Kota Hantu

Dia dihukum oleh pengadilan Turki dua tahun kemudian karena menjadi anggota senior organisasi teroris.

Pihak berwenang AS mengatakan sel ISIS itu membunuh 27 sandera secara sadis, merekam pembunuhan dan mengunggahnya secara online.

Halaman:
Sumber Guardian
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.