Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tuduh Satelit Iran Dipakai Rusia untuk Memata-matai

Kompas.com - 10/08/2022, 21:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

TEHERAN, KOMPAS.com - Iran menolak klaim Amerika Serikat bahwa satelit Iran yang diluncurkan Rusia dimaksudkan untuk memata-matai.

Iran bahkan menyebut klaim AS "kekanak-kanakan".

Dilansir Times of Israel, satelit, yang disebut Khayyam, diluncurkan ke luar angkasa Selasa (9/8/2022) dengan roket Soyuz-2.1b dari Baikonur Cosmodrome yang dikuasai Rusia di negara tetangga Kazakhstan.

Baca juga: Cerita Pilu Perempuan Iran Butuh Sertifikat Perawan untuk Menikah...

Menanggapi peluncuran tersebut, AS mengatakan kerja sama Rusia yang berkembang dengan Iran harus dilihat sebagai “ancaman yang mendalam.”

"Kami mengetahui laporan bahwa Rusia meluncurkan satelit dengan kemampuan mata-mata yang signifikan atas nama Iran," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS.

Kepala Badan Antariksa Iran, Hassan Salarieh, mengatakan kepada wartawan bahwa tuduhan mata-mata itu “pada dasarnya kekanak-kanakan.”

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-167 Serangan Rusia ke Ukraina, Rusia Bantu Iran Luncurkan Satelit, Ledakan di Pangkalan Udara Crimea

“Terkadang, beberapa komentar dibuat untuk memicu ketegangan. Mereka mengatakan bahwa kami ingin memata-matai satelit Khayyam pada dasarnya kekanak-kanakan,” katanya.

“Satelit Khayyam sepenuhnya dirancang dan dibangun untuk memenuhi kebutuhan negara dalam krisis dan manajemen perkotaan, sumber daya alam, pertambangan, pertanian, dan sebagainya,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com