Kompas.com - 10/08/2022, 14:01 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com – Mantan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa diperkirakan tiba di Thailand pada Kamis (11/8/2022), setelah tinggal di Singapura selama beberapa pekan.

Kabar tersebut disampaikan dua sumber yang mengetahui informasi tersebut, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (10/8/2022).

Thailand akan menjadi negara kedua di Asia Tenggara yang menjadi pelarian Rajapaksa. Dia tiba di Singapura pada 14 Juli melalui Maladewa.

Baca juga: India Protes Kunjungan Kapal Militer China ke Sri Lanka, Singgung Masalah Keamanan

Dia kabur dari negaranya menyusul kerusuhan besar yang dipicu oleh krisis ekonomi terburuk Sri Lanka dalam tujuh dekade.

Rajapaksa berhasi kabur dari negaranya dan mendarat di Maladewa setelah para pengunjuk rasa menduduki istana kepresidenan dan kantor Presiden Sri Lanka.

Saat di Singapura, Rajapaksa mengumumkan pengunduran dirinya dengan mengirim surat ke parlemen, membuka jalan untuk pemilihan presiden baru Sri Lanka.

Sebelumnya, pada akhir Juli, Presiden baru Sri Lanka Ranil Wickremesinghe tak berharap Rajapaksa pulang kampung dalam waktu dekat.

Baca juga: Singapura Tak Akan Beri Perlakuan Khusus ke Mantan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa

Wickremesinghe mengatakan, sekarang bukanlah waktu yang tepat bagi Rajapaksa kembali ke Sri Lanka karena berpotensi mengobarkan ketegangan politik.

“Saya tidak yakin ini saatnya dia kembali,” kata Wickremesinghe dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal.

“Saya tidak punya indikasi dia akan segera kembali,” sambung Wickremesinghe kepada Wall Street Journal, sebagaimana dilansir Reuters.

Halaman:
Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.