Kompas.com - 07/08/2022, 10:45 WIB

NARA, KOMPAS.com - Pria yang ditangkap karena pembunuhan Shinzo Abe percaya bahwa mantan pemimpin Jepang itu terkait dengan kelompok agama yang dia tuduh menjadi alasan kehancuran finansial ibunya.

Menurut laporan media lokal, dia menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk merencanakan serangan menggunakan senjata rakitan.

Tetsuya Yamagami, adalah seorang penganggur berusia 41 tahun, yang diidentifikasi polisi sebagai tersangka yang mendekati perdana menteri Jepang dari belakang dan melepaskan tembakan. Serangan ini terekam oleh pengambil gambar video amatir.

Baca juga: Tetsuya Yamagami Pelaku Penembakan Shinzo Abe, Ini Senjata dan Motifnya Tembak Mantan PM Jepang

Bertubuh kurus dan berkaca mata dengan rambut shaggy, tersangka terlihat melangkah ke jalan di belakang Abe, yang berdiri di persimpangan, sebelum melepaskan dua tembakan dari senjata 40 sentimeter yang dibungkus lakban hitam. Dia langsung ditangkap polisi di lokasi kejadian.

Kepada kantor berita Reuters, tetangga Tetsuya mengatakan bahwa tersangka adalah seorang penyendiri yang tidak menjawab ketika diajak bicara.

Dia percaya Abe telah mempromosikan sebuah kelompok agama, dan kepada kelompok agama ini ibunya memberikan "sumbangan besar", lansir kantor berita Kyodo, mengutip sumber dalam proses investigasi.

Dia mengatakan kepada polisi bahwa ibunya bangkrut karena sumbangan itu, menurut laporan surat kabar Yomiuri dan media lainnya.

"Ibu saya terlibat dalam kelompok agama dan saya membencinya," tulis Kyodo dan media yang lain mengutipnya keterangan polisi.

Namun, polisi menolak mengomentari rincian yang dilaporkan oleh media Jepang tentang motif atau persiapan yang dilakukan Tetsuya Yamagami.

Mereka juga tidak menyebutkan kelompok agama yang dilaporkan membuatnya kesal.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.