Kompas.com - 06/08/2022, 09:31 WIB

TOKYO, KOMPAS.com – Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akan mencopot Nobuo Kishi dari jabatannya selaku Menteri Pertahanan karena pertimbangan kondisi kesehatannya.

Pengumuman tersebut disampaikan di tengah rencana perombakan kabinet dan perombakan kepemimpinan partai, sebagaimana diwartakan harian Yomiuri pada Sabtu (6/8/2022).

Kishida memajukan proses perombakan tersebut dari jadwal semula yakni pada awal September, sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: China Kutuk Kunjungan Pelosi, Jepang Ikut Khawatir

Langkah tersebut dilakukan setelah upacara peringatan untuk mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang ditembak mati bulan lalu.

Perombakan itu terjadi setelah pemerintah koalisi konservatif Kishida makin kuat pasca-meningkatkan mayoritasnya di majelis tinggi parlemen.

Koalisi konservatif semakin banyak memperoleh kursi di majelis tinggi parlemen Jepang dalam pemilihan pada Juli, yang dilakukan selang dua hari setelah penembakan Abe.

Baca juga: Rudal China Jatuh di ZEE Jepang, PM Fumio Kishida Tanggapi Serius

Kishi, yang merupakan adik dari mendiang Abe, telah menjabat sebagai Menteri Pertahanan Jepang sejak September 2020.

Beberapa pejabat yang mungkin dipertahankan posisinya adalah Menteri Luar Negeri Yoshimasa Hayashi dan Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu.

Sedangkan kepemimpinan partai yang dipertahankan adalah Taro Aso sebagai Presiden Partai Demokrat Liberal dan Toshimitsu Motegi selaku Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Liberal.

Baca juga: Jepang Protes 5 Rudal China Jatuh di Zona Ekonomi Eksklusifnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.