Kompas.com - 06/08/2022, 08:31 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com – Lebih dari 100 roket dilaporkan telah ditembakkan dari Jalur Gaza hingga Jumat (5/8/2022), malam waktu setempat.

Media Israel Haaretz melaporkan, dari roket-roket tersebut, sekitar 60-an berhasil melintasi ke Israel. Lebih dari seperempatnya jatuh di dalam Gaza.

Sementara itu, media Israel lainnya Arutz Sheva mengutip militer Israel yang menyebutkan bahwa sekitar 33 roket berhasil dicegat oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome.

Baca juga: Eskalasi Gaza Meningkat, Israel Panggil 25.000 Pasukan Cadangan

Serangan roket tersebut dilakukan setelah Israel melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza, menewaskan 10 orang dan melukai puluhan lainnya.

Serangan udara Israel tersebut menewaskan salah satu pentolan Islamic Jihad, Tayseer Al Jabari.

Dilansir CNN, Al Jabari merupakan komandan di Brigade Quds, sayap bersenjata Islamic Jihad, dan anggota Dewan Militernya.

Baca juga: Israel Serang Gaza, 10 Orang Tewas, Islamic Jihad Serukan Pembalasan

Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan, sedikitnya 10 orang tewas, termasuk seorang bocah perempuan berusia 5 tahun dan seorang wanita berusia 23 tahun, akibat serangan Israel. Selain itu, 75 lainnya terluka.

Haaretz mewartakan, militer Israel kembali melanjutkan serangannya di Jalur Gaza pada Jumat malam waktu setempat.

Serangan tersebut diklaim menargetkan dua gudang yang digunakan untuk pembuatan roket, landasan peluncuran roket, dan instalasi militer milik Islamic Jihad.

Baca juga: Israel-Palestina Bersitegang Lagi, Daerah Dekat Gaza Sampai Ditutup untuk Warga Sipil

Sirene meraung

Sekitar pukul 21.00 waktu setempat, raungan sirene berbunyi di Israel selatan, termasuk di Ashdod, Yavne, Sderot dan wilayah lain yang terletak di dekat perbatasan Gaza.

Sirene kemudian meluas ke Israel tengah di Rishon Lezion, Bat Yam, dan Holon. Kota-kota tersebut tidak jauh dari Tel Aviv, lapor Arutz Sheva.

Sistem pertahanan udara Iron Dome diaktifkan setelah roket datang. Belum ada laporan tentang cedera fisik atau kerusakan saat ini.

Rentetan roket lainnya ditembakkan ke wilayah yang terletak di dekat perbatasan Gaza, tak lama setelah pukul 22.00 malam waktu setempat.

Baca juga: Ada Masalah di Kursi Pilot, Israel Kandangkan Jet Tempur Siluman Canggih F-35

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.