Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Jadi Warga Malaysia, Gadis Keturunan Indonesia Rohana Diberi Beasiswa Kuliah Gratis

Kompas.com - 01/08/2022, 18:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Bernama

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com – Setelah menjadi warga negara Malaysia, gadis keturunan Indonesia bernama Rohana Abdullah (22) mendapat tawaran beasiswa kuliah di Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM).

Dia ditawari untuk menempuh kuliah di program diploma ilmu komputer.

Rohana telah menerima tawaran dari UTeM tersebut.

Baca juga: Pengakuan Salimah yang Pilih Pulang ke Indonesia dan Tinggalkan Rohana Sejak Bayi di Malaysia

Rohana diketahui baru memperoleh status kewarganegaraan dan kartu identitas warga Malaysia pada April lalu.

Dia mendapatkannya setelah kisah hidupnya menjadi viral dan sampai menarik perhatian Perdana Menteri (PM) Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob.

Sejak berusia 2 tahun, Rohana Abdullah dibesarkan oleh Chee Hoi Lan di Malaysia.

Dia dirawat warga Malaysia keturunan Tionghoa itu setelah ditinggal oleh ibu kandungnya kembali ke Indonesia.

Ayah Rohana dikabarkan berkewarganegaraan Malaysia.

Karena tidak adanya dokumen identitas atau kartu identitas, Rohana sebelumnya mengalami kesulitan untuk masuk ke universitas.

Setelah mendapat tawaran dari UTeM, Rohana mengatakan dirinya akan bekerja keras untuk menyelesaikan studinya sehingga dapat berkontribusi pada masyarakat setempat.

"Saya bersyukur atas karunia yang Tuhan berikan kepada saya karena ini adalah sesuatu yang saya impikan sejak lama," kata dia, sebagaimana dikutip dari Bernama.

Baca juga: Kisah Rohana, Wanita di Malaysia yang sejak Kecil Ditinggal Ibunya Kembali ke Indonesia, Kini Kesulitan Dapat Kewarganegaraan

Dia menyampaikan terima kasih kepada UTeM. 

"Walaupun saya lebih tertarik pada bidang kedokteran, ilmu komputer adalah pilihan kedua saya, dan laoshi (Chee) mendukungnya. Saya akan melakukan yang terbaik untuk membalasnya," kata Rohana Abdullah ketika ditemui wartawan usai menerima surat tawaran studi dari Wakil Rektor UTeM Profesor Dr Massila Kamalrudin di rumah Chee di Batu 5, Jalan Ipoh, Sabtu (30/7/2022).

Saat itu, Rohana mengatakan dia akan berangkat dengan Chee ke Melaka pada Minggu (31/7/2022). Dia rencananya akan mendaftar menjadi baru UTeM pada hari Senin (1/8/2022) ini.

Mantan siswa SMK Dato' Ibrahim Yaakob itu mengatakan masih ada banyak hal yang perlu disiapkan setelah dirinya menerima tawaran kuliah dari UTeM.

Duta Besar RI di Kuala Lumpur, Malaysia, Hermono (paling kanan) bersama isteri, Kiki Hermono (kedua dari kanan) berfoto bersama Rohana (ketiga dari kiri), Chee Hoi Lan (tengah), dan Gulam Muszaffar (paling kiri). HARIAN METRO/Yusmizal Dolah Aling Duta Besar RI di Kuala Lumpur, Malaysia, Hermono (paling kanan) bersama isteri, Kiki Hermono (kedua dari kanan) berfoto bersama Rohana (ketiga dari kiri), Chee Hoi Lan (tengah), dan Gulam Muszaffar (paling kiri).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com