Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-157 Serangan Rusia ke Ukraina, Investigasi Serangan Pusat Penahanan Ukraina, Video Pasukan Rusia Kebiri Tentara Ukraina

Kompas.com - 31/07/2022, 06:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

KOMPAS.com - Perang kian tak terperi. 40 orang dilaporkan tewas dalam serangan tak tanggung-tanggung pada tawanan perang di desa Olenivka, Ukraina.

Investigasi terkait hal ini masih diluncurkan, di samping sejumlah kabar penting lain dari tanah Ukraina yang sedang digempur Rusia.

Dilansir Guardian, rangkuman hari ke-157 serangan Rusia ke Ukraina bisa Anda simak di sini.

Baca juga: Video Pasukan Rusia Kebiri Pasukan Ukraina Disensor Twitter

Situasi Perang

- Rusia dan Ukraina telah meluncurkan investigasi kriminal terhadap serangan yang dilaporkan menewaskan sedikitnya 40 tawanan perang Ukraina yang ditahan di pusat penahanan pra-ajudikasi di desa Olenivka, setelah kedua negara menyalahkan pihak lain atas serangan tersebut.

- Menteri luar negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, menuduh Rusia melakukan “kejahatan perang yang membatu” atas pembunuhan tersebut dan meminta para pemimpin dunia untuk “mengakui Rusia sebagai negara teroris”.

- Video mengerikan menunjukkan seorang tentara Rusia mengebiri seorang tahanan Ukraina, yang menurut laporan lain kemudian dibunuh. Rekaman itu, ditinjau oleh Guardian, awalnya diposting di saluran Telegram pro-Rusia.

- Sebuah gudang amunisi Rusia di wilayah Kherson selatan telah dihancurkan, kata pejabat Ukraina, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: Liz Truss Janji Kirim Lebih Banyak Senjata ke Ukraina jika Jadi PM Inggris

Diplomasi

- Sekretaris pers Vladimir Putin, Dmitry Peskov, mengatakan pada hari Jumat (29/7/2022) bahwa Rusia dengan gigih mendukung kedaulatan dan integritas teritorial China, setelah presiden China, Xi Jinping, memperingatkan presiden AS, Joe Biden, agar tidak “bermain api” atas Taiwan dalam panggilan telepon di Kamis (28/7/2022).

- Aleksandr Viktorovich Ionov, seorang agen Rusia yang dikenai sanksi AS pada hari Jumat, telah didakwa menggunakan kelompok politik di AS untuk memajukan propaganda pro-Rusia, termasuk selama invasi ke Ukraina awal tahun ini.

- Departemen perbendaharaan AS mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya telah menjatuhkan sanksi pada individu lain di samping Ionov, serta pada empat entitas yang mendukung pengaruh jahat global Kremlin dan operasi campur tangan pemilu, termasuk di AS dan Ukraina.

- Belarus menarik duta besarnya untuk Inggris pada hari Jumat sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya tindakan "bermusuhan dan tidak bersahabat" oleh London.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-156 Serangan Rusia ke Ukraina, 48 Orang Tewas di Penjara, Macron Melobi Pangeran MBS

- Makedonia Utara berencana untuk menyumbangkan sejumlah tank era Soviet yang tidak ditentukan ke Ukraina karena berusaha memodernisasi militernya sendiri untuk memenuhi standar NATO, kata kementerian pertahanannya pada hari Jumat.

- Jerman akan mengirimkan 16 tank lapis jembatan Biber ke pasukan Ukraina, kata kementerian pertahanan Jerman.

- Pengadilan Ukraina pada hari Jumat mengurangi hukuman seumur hidup menjadi 15 tahun yang dijatuhkan kepada seorang tentara Rusia pada bulan Mei karena pembunuhan berencana dalam pengadilan kejahatan perang pertama di negara itu.

- Menteri pertahanan Inggris, Ben Wallace, mengatakan pasukan Rusia di Ukraina berada di “tempat yang sangat sulit”, dan bahwa strategi Putin mirip dengan menempatkan pasukannya melalui penggiling daging.

Baca juga: Rusia Tuduh Ukraina Bunuh 40 Tentaranya Sendiri di Penjara Donetsk karena Mulai Bersaksi

Ekonomi

- Ukraina telah mengatakan siap untuk ekspor biji-bijian untuk meninggalkan pelabuhannya lagi, tetapi sedang menunggu izin dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang diharapkan akan diterima pada hari Jumat.

- Menteri ekonomi Jerman mengatakan pada hari Jumat bahwa menempatkan pipa gas Nord Stream 2 ke dalam operasi bukanlah suatu pilihan karena ini hanya akan bermain di tangan presiden Rusia, Vladimir Putin. Ada kemarahan yang tumbuh di Jerman atas melonjaknya harga energi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com