Kompas.com - 30/07/2022, 21:31 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Massa pendukung ulama kuat Irak Moqtada Sadr menerobos Zona Hijau Baghdad yang dijaga ketat pada Sabtu (30/7/2022), menduduki gedung parlemen tanpa rencana segera untuk pergi.

Krisis politik di Irak semakin dalam dan ini adalah kali kedua dalam beberapa hari para pendukung Sadr memaksa masuk ke gedung legislatif.

Baca juga: 9 Warga Sipil Tertembak Artileri di Kurdistan, Irak Salahkan Turkiye, Peringatkan Ada Balasan

Gejolak mulai terjadi beberapa bulan setelah pemilihan umum yang gagal menghasilkan pembentukan pemerintahan.

"Para demonstran mengumumkan aksi menduduki (Parlemen) sampai pemberitahuan lebih lanjut," kata gerakan Sadr dalam sebuah pernyataan singkat kepada wartawan melalui platform pesan WhatsApp dan dibawa oleh kantor berita negara INA sebagaimana dilansir AFP.

Pendukung Sadr, yang pernah memimpin milisi melawan pasukan pemerintah AS dan Irak, menentang pencalonan Mohammed al-Sudani yang baru-baru ini diumumkan.

Mohammed al-Sudani adalah Perdana Menteri terpilih dari blok pro-Iran.

Demonstran mengibarkan bendera Irak dan gambar ulama di dalam badan legislatif. Mereka memadati ruangan di mana beberapa duduk di meja anggota parlemen, sementara yang lain berkeliaran, mengangkat ponsel mereka untuk merekam pendudukan.

Mereka menerobos masuk setelah ribuan pemrotes berkumpul di ujung jembatan menuju Zona Hijau, merobohkan penghalang beton yang melindunginya dan berlari ke dalam, seorang fotografer AFP melaporkan.

Baca juga: Kompleks Gas Irak Dihantam Tiga Serangan Roket dalam 72 Jam

Pasukan keamanan menembakkan gas air mata di dekat pintu masuk ke distrik itu, tempat kedutaan besar asing dan gedung pemerintah lainnya serta parlemen.

Beberapa pengunjuk rasa di jembatan terluka dan dibawa pergi oleh sesama demonstran.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.