Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamboja Sudah Respons Permintaan Indonesia Bebaskan 60 WNI yang Disekap

Kompas.com - 30/07/2022, 08:45 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

PHONM PENH, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) menyebut Kemlu Kamboja telah merespons permintaan Menteri Luar Negeri RI untuk membebaskan 60 WNI yang disekap di Kambija.

"Ibu Menlu sudah berkomunikasi langsung dengan Menlu Kamboja. Bahkan, sudah langsung direspons dengan Menlu Kamboja," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu RI Judha Nugraha dalam Media Briefing Direktorat Pelindungan WNI Kemlu di Jakarta pada Jumat .

Dia menyatakan Kementerian Luar Negeri Kamboja telah merespons dan akan mengirimkan tim dari kepolisian Kamboja untuk menyelesaikan kasus tersebut.

Baca juga: 53 WNI Disekap di Kamboja, Kemlu Upayakan Pembebasan

"Jadi, akan ada pergerakan lebih cepat dari otoritas Kamboja untuk bisa mengamankan WNI kita," sebut Judha, sebagaimana dilansir dari Kantor Berita Antara.

Dia mengatakan bahwa korban penipuan perusahaan investasi palsu di Sihanoukville, Kamboja bertambah dari 53 orang menjadi 60 orang.

Judha memastikan, Kemlu RI telah melakukan berbagai langkah untuk membantu membebaskan para WNI yang disekap.

Misalnya, Kemlu RI sudah menghubungi kepolisian Kamboja untuk segera melakukan langkah penyelamatan segera setelah mendapat laporan kasus.

Pemerintah juga telah berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Kamboja di Jakarta untuk menyampaikan isu tersebut kepada otoritas di Phnom Penh.

Langkah-langkah penegakan hukum juga dilakukan di Indonesia dengan bekerja sama dengan Bareskrim Polri untuk melakukan pendalaman dan penyelidikan.

Baca juga: Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia Terjaring di Kamboja, Ini Wujudnya

"Hari ini (Jumat) kami sudah bertemu dengan teman-teman Bareskrim dan kami dapatkan update bahwa sudah ada tersangka yang ditangkap. Ini adalah yang memberangkatkan," ungkap Judha.

Kemlu RI berharap situs website yang menayangkan tawaran bekerja di luar negeri juga dapat diterbitkan sehingga tidak ada banyak korban lainnya.

KBRI Phom Penh juga disebut terus menjalin komunikasi dengan para WNI.

Kondisi para WNI, kata Judha, dalam kondisi yang relatif baik. Namun, mereka secara psikis cukup tertekan karena tidak bisa keluar dari tempat mereka bekerja.

Oleh karena itu, langkah-langkah tingkat tinggi sudah dilakukan untuk percepat upaya penyelamatan.

Baca juga: Militer China Dilaporkan Akan Gunakan Pangkalan Angkatan Laut Kamboja secara Eksklusif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com