Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2022, 20:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

OLENIVKA, KOMPAS.com - Tentara Rusia dan separatis yang didukung Moskwa pada Jumat (29/7/2022) menuduh pasukan Kyiv menyerang penjara yang dihuni tawanan perang Ukraina di Donetsk.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, penjara di Olenivka wilayah Donetsk yang dikuasai separatis ditargetkan pada Kamis (28/7/2022) malam dengan sistem roket HIMARS buatan Amerika Serikat (AS).

"Empat puluh tawanan perang Ukraina tewas dan 75 luka-luka," kata Kemenhan Rusia dikutip dari kantor berita AFP, seraya menambahkan bahwa delapan pegawai di penjara juga terluka.

Baca juga: Ribuan Drone Diterjunkan dalam Perang Rusia Vs Ukraina, Seberapa Penting Fungsinya?

Denis Pushilin pemimpin separatis di Donetsk menyebutkan bahwa 47 orang tewas, sedangkan pasukan pertahanan teritorial mengatakan 53 nyawa terenggut.

Adapun penjara tersebut menampung 193 tahanan pada saat serangan, kata Pushilin dalam komentar yang disiarkan televisi Pemerintah Rusia.

Kemenhan Rusia mengungkapkan, tawanan perang di penjara Olenivka termasuk anggota batalion Azov yang mempertahankan pabrik baja Azovstal di kota pelabuhan Mariupol, Ukraina.

Rusia menggambarkan bekas unit paramiliter yang sebelumnya memiliki hubungan dengan kelompok sayap kanan itu sebagai organisasi neo-Nazi.

Baca juga:

Stasiun tv Rusia menunjukkan pemandangan yang tampak seperti barak hancur dan tempat tidur logam yang ringsek, tetapi tidak ada korban terlihat.

Moskwa mengeklaim bahwa provokasi itu dirancang untuk mencegah pasukan Ukraina meletakkan senjata dan menyerah.

"Provokasi mengerikan ini dilakukan untuk mengintimidasi prajurit Ukraina," sebut Kemenhan Rusia.

Sementara itu, Pushilin mengeklaim pasukan Kyiv menyerang penjara Ukraina karena tawanan perangnya mulai memberikan kesaksian.

Sekitar 2.500 tentara Ukraina menyerah pada Mei setelah dikepung dan melawan selama berminggu-minggu di pabrik baja Azovstal, benteng terakhir Mariupol.

Baca juga: Arti Penting Mariupol bagi Ukraina dan Rusia

Berita video "Mengintip Mariupol yang Kini Kental Beraroma Rusia" dapat disimak di bawah ini.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com