Kompas.com - 17/07/2022, 09:30 WIB

BETLEHEM, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengunjungi Palestina pada Jumat (15/7/2022) dengan membawa bantuan serta menjanjikan sejumlah hal.

Dikutip dari BBC, AS memberikan dana 100 juta dollar (Rp 1,5 triliun) untuk membantu Rumah Sakit Augusta Victoria di Bukit Zaitun, Yerusalem Timur yang dicaplok Israel. Lokasi itu belum pernah dikunjungi oleh presiden sebelumnya.

RS Augusta Victoria adalah pusat perawatan kanker utama untuk pasien dari Tepi Barat dan Jalur Gaza. Bantuan juga diberikan AS ke lima RS lain di dekatnya.

Baca juga: Biden: Palestina Butuh Penyelesaian Jalur Politik

Kemudian di Tepi Barat, Joe Biden bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan kembali menyatakan komitmen lamanya untuk menciptakan negara Palestina yang merdeka.

Namun, Biden mengatakan bahwa saat ini belum ada alasan tepat untuk memulai kembali pembicaraan damai dengan Israel.

Mahmoud Abbas yang berusia 86 tahun menanggapinya dengan berkata, solusi dua negara di satu wilayah atau two-states untuk konflik Israel-Palestina mungkin tidak akan bertahan lama.

Amerika Serikat berusaha memperbaiki hubungan dengan Palestina yang putus di bawah pemerintahan AS terakhir. Dalam perjalanan kepresidenan kali ini, Biden juga mengumumkan banyak bantuan ekonomi serta dukungan lainnya seperti pembuatan jaringan telepon 4G.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden ketika menghadiri hari pertama pertemuan KTT G7 di Elmau Castle, Jerman selatan, 26 Juni 2022.AFP/LUKAS BARTH Presiden Amerika Serikat Joe Biden ketika menghadiri hari pertama pertemuan KTT G7 di Elmau Castle, Jerman selatan, 26 Juni 2022.
Akan tetapi, kunjungan Biden ke Palestina tepatnya di Tepi Barat dan Gaza turut diwarnai aksi protes. Para aktivis mengatakan, AS bukan perantara yang jujur.

"Dia (Biden) di sini jelas hanya untuk satu tujuan: membantu Israel, bukan Palestina," ujar aktivis bernama Jude Salhi di Ramallah.

Baca juga:

Pemerintahan Palestina terbagi atas Otoritas Palestina (Palestinian Authority/PA) yang mengendalikan sebagian Tepi Barat, dan kelompok milisi Hamas yang menguasai Gaza.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber BBC
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.