Kompas.com - 15/07/2022, 13:28 WIB

BRASILIA, KOMPAS.com - Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan pada Kamis (14/7/2022), bahwa dirinya tahu bagaimana perang antara Rusia dan Ukraina dapat diselesaikan.

Dia akan menyampaikan sarannya kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pembicaraan lewat telepon pekan depan.

"Saya akan memberi tahu dia pendapat saya, apa yang saya pikirkan. Solusi untuk ini. Saya tahu bagaimana itu (perang Rusia-Ukraina bisa diselesaikan. Tapi saya tidak akan memberi tahu siapa pun," kata Bolsonaro kepada wartawan saat berkunjung ke negara bagian Maranhao di timur laut.

Baca juga: Rusia Keluarkan Daftar 27 Negara yang Bertindak Represif ke Media Rusia, Mana Saja?

Dia memberi kode perang Rusia-Ukraina dapat diselesaikan sama seperti yang dilakukan pada perang Argentina dengan Inggris.

"Solusi untuk kasus ini seperti bagaimana perang Argentina dengan Inggris berakhir pada 1982," kata dia, tanpa memberikan rincian lebih lanjut, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Argentina dan Inggris diketahui pernah terlibat konflik singkat pada 1982 atas kedaulatan Kepulauan Falkland di Atlantik selatan, yang dikenal di Argentina sebagai Malvinas.

Perang dimulai pada April 1982 ketika pasukan Argentina mendarat di pulau-pulau yang dikuasai Inggris, dan Inggris mengirim satuan tugas angkatan laut untuk merebut kembali mereka.

Pasukan Argentina yang diperlengkapi dengan buruk memiliki sedikit peluang dan Argentina menyerah dua bulan kemudian.

Bolsonaro memiliki rencana berdialog lewat telepon dengan Zelensky pada 18 Juli.

Baca juga: Ukraina Terkini: Rusia Intens Gempur Ukraina Timur, Negosiasi Gandum Dilanjut Pekan Depan

Dia mengatakan pemimpin Ukraina adalah orang yang awalnya mengusulkan pembicaraan dan dia segera menyetujui panggilan itu.

Halaman:
Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.