Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buntut Perang Rusia-Ukraina, Latvia Aktifkan Lagi Wajib Militer

Kompas.com - 06/07/2022, 06:58 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

RIGA, KOMPAS.com - Buntut perang Rusia-Ukraina, Latvia berencana mengaktifkan lagi program wajib militer.

Menteri Pertahanan Latvia Artis Pabriks pada Selasa (5/7/2022), mengatakan negaranya akan mengembalikan wajib militer menyusul meningkatnya ketegangan dengan negara tetangga Rusia di tengah perang Moskwa di Ukraina.

"Sistem militer Latvia saat ini telah mencapai batasnya. Sementara itu kami tidak memiliki alasan untuk berpikir bahwa Rusia akan mengubah perilakunya," kata Pabriks kepada wartawan.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-132 Serangan Rusia ke Ukraina, Penembakan Masif di Kota Sloviansk, Kyiv Dituding Siksa Tahanan Perang

Latvia telah menghapus layanan wajib beberapa tahun setelah bergabung dengan aliansi pertahanan NATO.

Sejak 2007, militer Latvia terdiri dari tentara profesional bersama dengan sukarelawan Garda Nasional yang bertugas di infanteri paruh waktu pada akhir pekan.

Negara berpenduduk di bawah dua juta orang yang berbatasan dengan Belarus dan Rusia tersebut saat ini hanya memiliki 7.500 tentara tugas aktif dan anggota Garda Nasional, didukung oleh 1.500 tentara NATO.

Pabriks mengatakan wajib militer akan berlaku untuk pria dan mulai berlaku tahun depan, dengan beberapa opsi tersedia untuk memenuhi persyaratan.

Seorang tentara Garda Nasional, Gatis Priede, menyebut langkah itu sebagai berita terbaik.

Dia bahkan menilai keputusan itu seharusnya diambil setelah Rusia mencaplok Crimea dari Ukraina pada 2014.

Baca juga: Tembak-tembakan di Tengah Warga Jadi Viral Ternyata Latihan Perang, Militer Latvia Minta Maaf

"Ini adalah hal yang benar, untuk melatih lebih banyak pasukan cadangan untuk tentara kami dan untuk kekuatan NATO secara keseluruhan, yang masih sangat kurang di kawasan Eropa Utara dan Baltik," kata Priede, dikutip dari AFP.

Pabriks juga mengumumkan rencana untuk membangun pangkalan militer lain di dekat kota Jekabpils di bagian tenggara Latvia, yang terletak lebih dekat ke perbatasan Rusia daripada pangkalan Adazi yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com