Kompas.com - 05/07/2022, 15:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin pada Selasa (5/7/2022) memuji kunjungan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi ke Ukraina pekan lalu.

Vasyl mengatakan, Jokowi adalah pemimpin negara pertama di Asia yang mengunjungi Ukraina sejak invasi Rusia dimulai pada 24 Februari 2022.

"Itu adalah kunjungan pertama presiden Asia atau pemimpin Asia ke Ukraina sejak awal perang," kata Hamianin dalam konferensi pers virtual.

Baca juga: Ketika Media Malaysia Ramai-ramai Soroti Pertemuan Jokowi dengan Putin dan Zelensky...

"Jadi, saya pikir ini adalah kunjungan yang sangat simbolis, dan contoh yang sangat baik bisa saya katakan untuk para pemimpin Asia lainnya, dan tidak hanya para pemimpin Asia tetapi juga seluruh dunia," lanjutnya.

Hamianin turut mengungkapkan, ia berada satu rombongan dengan Presiden Indonesia saat Jokowi ke Ukraina pada Rabu (29/6/2022).

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin saat konferensi pers virtual pada Selasa (5/7/2022). Dubes Hamianin mengungkapkan kondisi terkini Ukraina dan pesan Presiden Volodymyr Zelensky kepada Vladimir Putin melalui Presiden Indonesia Joko Widodo.KOMPAS.com/ADITYA JAYA ISWARA via ZOOM KEDUBES UKRAINA Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin saat konferensi pers virtual pada Selasa (5/7/2022). Dubes Hamianin mengungkapkan kondisi terkini Ukraina dan pesan Presiden Volodymyr Zelensky kepada Vladimir Putin melalui Presiden Indonesia Joko Widodo.
Dubes Ukraina tersebut ikut naik kereta bersama Jokowi, Ibu Negara Iriana, dan peserta rombongan lainnya dari Polandia ke Ukraina.

Saat Jokowi di Ukraina, presiden mengawali kunjungannya dengan meninjau puing-puing atau reruntuhan kompleks Apartemen Lipky di kota Irpin.

Baca juga:

Jokowi dan Iriana didampingi Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin ketika menyaksikan puing-puing bangunan apartemen yang rusak akibat perang Rusia Ukraina.

Selanjutnya Jokowi bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky dan membahas sejumlah hal, seperti ekspor biji-bijian yang terganggu hingga pesan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Tak lama setelah Jokowi ke Ukraina, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese berkunjung ke Kyiv pada Minggu (3/7/2022).

Berbeda dengan Presiden Jokowi yang meninjau kota Irpin di Ukraina utara, PM Australia berkunjung ke tiga kota di wilayah Provinsi Kyiv, yang pernah dilanda pertempuran sengit saat Rusia menyerang wilayah tersebut.

Baca juga: Setelah Jokowi, Giliran PM Australia Kunjungi Ukraina, Ini yang Dilakukan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.