Kompas.com - 05/07/2022, 11:55 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Menara Eiffel di Paris penuh dengan karat dan membutuhkan perbaikan penuh.

Tetapi, menara itu hanya akan diberi cat kosmetik menjelang pehelatan Olimpiade 2024 di Paris. 

Hal itu dilaporkan oleh Majalah Perancis, Marianne dengan mengutip sebuah laporan konfidensial.

Baca juga: Ukraina Bagikan Video “Serangan ke Menara Eiffel”, Tekan NATO Soal Zona Larangan Terbang

Menara Eiffel adalah salah satu lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi di dunia dan menyambut sekitar enam juta pengunjung setiap tahun.

Menara setinggi 324 m (1.064 kaki) tersebut dibangun oleh Gustave Eiffel pada akhir abad ke-19.

Sayangnya, laporan rahasia oleh para ahli yang dikutip oleh Marianne menunjukkan bahwa Menara Eiffel sekarang dalam keadaan buruk dan penuh dengan karat.

"Sederhana saja, jika Gustave Eiffel mengunjungi tempat itu, dia akan mengalami serangan jantung," kata Seorang Manajer Menara yang tidak disebutkan namanya kepada majalah itu, dikutip dari Sky News, Selasa (5/7/2022).

Pemandangan Sungai Seine dan Menara Eiffel di Paris, Perancis.SHUTTERSTOCK Pemandangan Sungai Seine dan Menara Eiffel di Paris, Perancis.

Menara Eiffel dilaporkan sedang menjalani pengecatan ulang dengan biaya 60 juta (sekitar Rp938 juta) untuk persiapan Olimpiade 2024.

Ini adalah yang ke-20 kalinya Menara Eiffel dicat ulang.

Majalah Marianne mengabarkan, sekitar 30 persen bagian dari menara seharusnya telah dipreteli dan kemudian diterapkan dua lapis cat baru.

Baca juga: Saat Menara Eiffel di Paris Menyala dengan Warga Nasional Ukraina…

Tetapi, penundaan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 dan adanya timbal dalam cat lama berarti hanya 5 persen dari Menara Eiffel yang akan dirawat.

Sementara itu, Majalan Marianne melaporkan, perusahaan yang mengawasi Menara Eiffel, Societe d'Exploitation de la Tour Eiffel (SETE), tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar atau konfirmasi terkait kabar menara penuh dengan karat dan butuh perbaikan menyeluruh.

Menara Eiffel dinyalakan dengan warna biru dan kuning, warna bendera Ukraina, untuk mendukung rakyat Ukraina setelah Rusia melancarkan operasi militer besar-besaran terhadap Ukraina, di Paris, Prancis, Jumat (25/2/2022).  REUTERS/Benoit Tessier Menara Eiffel dinyalakan dengan warna biru dan kuning, warna bendera Ukraina, untuk mendukung rakyat Ukraina setelah Rusia melancarkan operasi militer besar-besaran terhadap Ukraina, di Paris, Prancis, Jumat (25/2/2022).

Disebutkan juga bahwa, SETE enggan menutup menara Eiffel dalam waktu lama karena pendapatan wisatawan akan hilang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.