Kompas.com - 05/07/2022, 10:29 WIB

KYIV, KOMPAS.com - Gubernur Wilayah Luhansk Serhiy Gaida memberikan penilaian terkait fokus Rusia selanjutnya setelah mereka berhasil mengusai seluruh wilayah Luhansk, Ukraina timur.

Dia menyebut, Rusia akan mengalihkan fokus utama perangnya di Ukraina untuk mencoba merebut semua wilayah Donetsk setelah merebut wilayah tetangga Luhansk.

Serhiy Gaidai memperkirakan Kota Sloviansk dan Kota Bakhmut khususnya akan diserang berat ketika Rusia mencoba untuk mengambil kendali penuh atas wilayah yang dikenal sebagai Donbass di Ukraina timur tersebut.

Baca juga: Perintah Baru Putin Setelah Rusia Kuasai Seluruh Luhansk Ukraina

Rusia mengatakan telah membentuk kendali penuh atas wilayah Luhansk menyusul penarikan pasukan Ukraina dari Kota Lysychansk yang dibom meskipun Gaidai mengatakan pertempuran berlanjut di dua desa kecil.

"Hilangnya wilayah Luhansk menyakitkan karena itu adalah wilayah Ukraina. Bagi saya pribadi, ini istimewa. Luhansk adalah tanah air tempat saya dilahirkan dan saya juga kepala wilayah itu," kata Gaidai, kepada Reuters

“Dalam hal militer, meninggalkan posisi itu buruk, tetapi tidak ada yang kritis. Kita perlu memenangkan perang, bukan pertempuran untuk Lysychansk,” ungkap dia.

"Ini sangat menyakitkan, tapi itu tidak (berarti Ukraina) kalah perang," tambah Gaidai.

Dia mengatakan penarikan pasukan Ukraina dari Kota Lysychansk telah "terpusat" dan teratur, dan diperlukan untuk menyelamatkan nyawa tentara Ukraina yang berada dalam bahaya dikepung.

"Mereka (pasukan Rusia) tidak akan mentransfer 100 persen pasukan mereka ke beberapa garis depan karena mereka perlu mempertahankan garis. Jika mereka meninggalkan posisi mereka, maka kita dapat melakukan semacam serangan balasan," kata Gaidai.

Baca juga: Ukraina Akui Kekalahan di Lysychansk, Rusia Umumkan Kendali Penuh Atas Luhansk

Tetap saja, bagi pasukan Rusia, kata dia, tujuan nomor 1 adalah mengusasi wilayah Donetsk dalam waktu dekat.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.