Kompas.com - 03/07/2022, 18:55 WIB

BELGOROD, KOMPAS.com - Rusia menuding Ukraina menembakkan tiga rudal ke Kota Belgorod, dekat perbatasan Ukraina dalam serangan yang menewaskan sedikitnya empat orang.

“Pertahanan pesawat tempur Rusia menembak jatuh tiga rudal klaster Tochka-U yang diluncurkan oleh nasionalis Ukraina melawan Belgorod,” kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov pada Minggu (3/7/2022).

"Setelah penghancuran rudal Ukraina, puing-puing salah satunya jatuh di sebuah rumah," tambah dia, dilansir dari AFP.

Baca juga: Perang Ukraina Terkini: Sekolah di Kyiv Buka Lagi 1 September 2022

Konashenkov mengatakan bahwa tentara Rusia juga telah menembak jatuh dua pesawat tak berawak TU-143 Ukraina.

Dia mengeklaim drone tersebut penuh dengan bahan peledak yang sedang menuju ke kota Kursk, juga dekat dengan perbatasan Ukraina.

Sebelumnya, Gubernur Belgorod, Vyachelsav Gladkov, mengatakan bahwa sedikitnya empat orang tewas dan empat lainnya terluka dalam serangkaian "ledakan kuat" yang mengguncang kota Belgorod pada Minggu dini hari waktu setempat.

"Sebanyak 11 bangunan tempat tinggal dan 39 rumah rusak dalam ledakan yang terjadi pada dini hari itu," jelas dia di Telegram.

Gladkov mengatakan dia mengunjungi lokasi itu segera setelah ledakan, yang melanda lima jalan di utara pusat kota.

Dia melaporkan, dua orang dari yang terluka -seorang pria dan seorang anak- dirawat di rumah sakit, sementara dua lainnya dirawat di tempat kejadian.

Baca juga: Ukraina Terkini: Inggris Akan Beri 1,21 Milliar Dollar AS demi Dukung Militer Ukraina

Sejak Moskwa melancarkan operasi militernya di Ukraina pada 24 Februari, Rusia telah berulang kali menuduh Kyiv melakukan serangan di tanah Rusia, khususnya di wilayah Belgorod.

Pada awal April, Gladkov menuduh Ukraina menyerang depot bahan bakar di kota dengan dua helikopter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.