Kompas.com - 02/07/2022, 21:30 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pesawat SpiceJet India kembali mendarat darurat pada Sabtu (2/7/2022).

Kali ini, SpiceJet mendarat darurat di New Delhi setelah kabinnya penuh asap usai lepas landas. Pesawat sedang dalam penerbangan domestik menuju pusat kota Jabalpur.

Para penumpang dievakuasi dengan selamat begitu pesawat kembali ke New Delhi di bandara keberangkatan, demikian laporan dari AFP.

Baca juga: Boeing 737 Tabrak Kawanan Burung Saat Akan Mendarat, Bangkai dan Darah Berceceran di Bodi Pesawat

"Saat melewati 5.000 kaki, kru melihat asap di kabin," kata maskapai itu di Twitter.

Sebuah video yang menunjukkan kabin dipenuhi asap langsung viral di media sosial setelah insiden itu.

SpiceJet India menjadi perbincangan dalam beberapa bulan terakhir. Penerbangan lainnya bulan lalu juga mendarat darurat setelah mesin kirinya terbakar, dan otoritas penerbangan menindak perusahaan karena praktik pelatihan yang salah.

Pihak maskapai tidak mengungkapkan berapa banyak penumpang yang ada dalam penerbangan yang mendarat darurat pada Sabtu (2/7/2022), hanya mengatakan bahwa pesawat mendarat dengan selamat dan bahwa penerbangan alternatif segera diatur untuk para penumpang.

Pada Juni, pesawat SpiceJet tujuan New Delhi dengan 185 penumpang melakukan pendaratan darurat di kota Patna, India timur, karena salah satu mesinnya terbakar.

Baca juga: Pesawat SpiceJet India Mendarat Darurat karena Mesin Terbakar

Sebelumnya lagi pada Mei, ratusan penumpangnya telantar di dalam pesawat setelah maskapai berbiaya murah itu membatalkan atau menunda penerbangan karena ada serangan ransomware.

Pada bulan yang sama, otoritas penerbangan India menjatuhkan denda satu juta rupee (sekitar Rp 189,56 juta) kepada SpiceJet karena melatih pilot Boeing 737 MAX-nya pada simulator yang rusak.

Otoritas India melarang 90 pilot SpiceJet mengoperasikan pesawat dengan alasan mereka tidak terlatih dengan baik, menurut laporan media setempat.

Baca juga: SpiceJet India Turbulensi Parah dan 10 Orang Luka, Cerita Penumpang: Bagasi Jatuh ke Kepala, Orang-orang Terguling

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.