Kompas.com - 02/07/2022, 15:34 WIB

KYIV, KOMPAS.com - Ukraina memenangi "perang" lawan Rusia dalam klaim budaya memasak sup tradisional borshch.

Badan kebudayaan PBB atau UNESCO pada Jumat (1/7/2022) memasukkan budaya memasak sup borshch di Ukraina dalam daftar warisan budaya terancam punah.

Upaya yang didesak Ukraina ini mendapat tentangan keras dari Rusia.

Baca juga: 5 Hari Jokowi di Ukraina, Rusia, KTT G7, dan UEA: Curhat Putin hingga Rangkulan Biden

Borshch adalah sup kental bergizi yang biasanya dibuat dengan buah bit. Ukraina menganggapnya sebagai hidangan nasional meskipun juga banyak dikonsumsi di Rusia, negara-negara pecahan Uni Soviet lainnya, dan Polandia.

Budaya memasak borshch Ukraina dimasukkan UNESCO ke dalam daftar warisan budaya takbenda yang membutuhkan perlindungan mendesak.

Keputusan itu disetujui setelah proses jalur cepat yang didorong oleh invasi Rusia ke Ukraina dan dampak negatif pada tradisi yang disebabkan oleh perang, kata UNESCO dikutip dari AFP.

Kyiv memuji langkah tersebut. Menteri Kebudayaan Ukraina Oleksandr Tkachenko mengatakan di Telegram, "Kemenangan dalam perang borshch adalah milik kita... akan menang baik dalam perang borshch maupun dalam perang ini."

UNESCO menambahkan sup borshch ke daftar warisan budaya terancam punah untuk menarik perhatian guna memastikannya tetap terjaga meskipun ada risiko terhadap keberadaannya.

Komite UNESCO menekankan bahwa perang Ukraina vs Rusia mengancam kelangsungan hidup budaya sup borshch di Ukraina.

Baca juga:

"Berpencarnya orang-orang (menimbulkan ancaman)... karena orang tidak hanya bisa memasak atau menanam sayuran lokal untuk borshch tetapi juga untuk berkumpul... yang merusak kesejahteraan sosial dan budaya masyarakat."

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengecam langkah itu sebagai upaya untuk menjadikannya milik satu orang dan satu kebangsaan. "Ini adalah xenofobia," katanya.

Akan tetapi, UNESCO menyebutkan bahwa sup borshch di tempat lain hanya merupakan hidangan populer, berbeda dengan di Ukraina yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari di negara itu.

"Borshch Ukraina--borscht versi nasional yang dikonsumsi di beberapa negara di kawasan ini--merupakan bagian integral dari kehidupan keluarga dan masyarakat Ukraina," terang UNESCO.

Baca juga: Ilyushin Il-76, Pesawat Kargo Besar Rusia Terbakar di Udara dan Jatuh dalam Misi ke Ukraina

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.