Kompas.com - 02/07/2022, 14:12 WIB

CANTU, KOMPAS.com - Pembuat meja panjang yang identik dengan Presiden Rusia Vladimir Putin menceritakan awal mula pesanan itu datang dan mengungkap harganya.

Meja panjang Putin dengan tiga kaki besar tersebut dibuat oleh perusahaan kecil OAK Furniture di Cantu, Italia utara.

Belum lama ini, meja panjang Putin fotonya viral setelah dipakai dalam pertemuan dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi (19/1/2022), Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban (1/2/2022), Presiden Perancis Emmanuel Macron (7/2/2022), dan Kanselir Jerman Olaf Scholz (15/2/2022).

Baca juga: Kenapa Putin Tidak Pakai Meja Panjang Saat Bertemu Jokowi di Rusia?

Menurut Kremlin, meja panjang Putin itu dipakai untuk menjamu Macron dan Scholz karena alasan keamanan. Kedua pemimpin negara tersebut enggan melakukan tes PCR Covid ketika bertemu Presiden Rusia, sehingga harus menjaga jarak.

Namun, meja sepanjang 20 kaki (6 meter) ini sebenarnya sudah sejak lama berada di Istana Kremlin, Moskwa, tepatnya sejak masa pemerintahan Boris Yeltsin sebagai presiden pertama Rusia pada 1991-1999.

“Meja adalah tempat orang makan, bermain, tetapi juga tempat mereka memutuskan perang atau menandatangani gencatan senjata,” ujar Renato Pologna kepala OAK Furniture kepada AFP di kantor perusahaan di Cantu, Italia utara.

“Harapan saya adalah meja ini membawa keberuntungan, dan tidak membawa eskalasi konflik,” tambahnya dikutip dari Al Jazeera (18/2/2022).

Renato Pologna, pembuat meja panjang Putin, menunjukkan buku terbitan 1999 yang memperlihatkan foto meja sama dengan yang di Kremlin, Moskwa, Rusia.AFP/PIERO CRUCIATTI via AL JAZEERA Renato Pologna, pembuat meja panjang Putin, menunjukkan buku terbitan 1999 yang memperlihatkan foto meja sama dengan yang di Kremlin, Moskwa, Rusia.
Pologna melanjutkan, meja panjang itu dibuat sesuai pesanan dan dikirim ke Kremlin pada 1995 sebagai bagian dari pesanan terbesar yang pernah mereka dapat.

"(Harganya) dalam lira (Italia) saat itu... harga meja seperti itu sekarang akan menjadi sekitar 100.000 euro (Rp 1,56 miliar)," ungkapnya seraya menambahkan bahwa total pesanan bernilai lebih dari 20 juta euro (Rp 312,26 miliar).

Meja panjang Putin yang terletak di ruang tamu Kremlin adalah bagian dari pesanan untuk melengkapi dan mendekorasi sekitar 7.000 meter persegi luas ruangan di dua lantai, menurut Pologna.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.