Kompas.com - 01/07/2022, 17:31 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi bertemu Presiden Vladimir Putin pada Kamis (30/6/2022) dan menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Jokowi bertemu Putin di Istana Kremlin, Moskwa, ibu kota Rusia. Sehari sebelumnya Jokowi ke Ukraina dan bertatap muka dengan Zelensky. Saat itulah Presiden Ukraina menitipkan pesan ke Putin.

“Saya menyampaikan pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin,” kata Jokowi dikutip dari AFP, setelah berbicara dengan pemimpin Rusia tersebut.

Baca juga: Jokowi di Ukraina, Tawari Zelensky Titip Pesan ke Putin

Saat Jokowi di Rusia, ia juga menyatakan kesiapannya untuk membantu memulai komunikasi antara Zelensky dan Putin.

Namun, Jokowi tidak memberikan perincian lebih lanjut dan tidak ada pihak yang mengungkapkan apa isi pesan Zelensky kepada Putin.

Jokowi ke Ukraina pada Rabu (30/6/2022) menuju Moskwa untuk bertemu Putin.

“Meskipun situasi eksternal masih sulit, tapi tetap penting untuk bergerak menuju penyelesaian dan dialog terbuka,” kata Jokowi di Rusia.

Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin usai melakukan konferensi pers bersama di Istana Kremlin, Moskwa, Rusia. Jokowi bertemu Putin pada Kamis (30/6/2022) setelah kunjungan ke Ukraina sehari sebelumnya.DOK SEKRETARIAT PRESIDEN Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin usai melakukan konferensi pers bersama di Istana Kremlin, Moskwa, Rusia. Jokowi bertemu Putin pada Kamis (30/6/2022) setelah kunjungan ke Ukraina sehari sebelumnya.
Jokowi menambahkan bahwa Indonesia ingin perang Ukraina vs Rusia segera berakhir.

“Saya mengajak seluruh pemimpin dunia untuk menghidupkan kembali semangat kerja sama,” tambah Jokowi.

Baca juga:

Indonesia berada di bawah tekanan Barat untuk mencoret Putin dari KTT G20, setelah pada April mengumumkan bahwa dia diundang.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.