Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2022, 17:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi bertemu Presiden Vladimir Putin pada Kamis (30/6/2022) dan menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Jokowi bertemu Putin di Istana Kremlin, Moskwa, ibu kota Rusia. Sehari sebelumnya Jokowi ke Ukraina dan bertatap muka dengan Zelensky. Saat itulah Presiden Ukraina menitipkan pesan ke Putin.

“Saya menyampaikan pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin,” kata Jokowi dikutip dari AFP, setelah berbicara dengan pemimpin Rusia tersebut.

Baca juga: Jokowi di Ukraina, Tawari Zelensky Titip Pesan ke Putin

Saat Jokowi di Rusia, ia juga menyatakan kesiapannya untuk membantu memulai komunikasi antara Zelensky dan Putin.

Namun, Jokowi tidak memberikan perincian lebih lanjut dan tidak ada pihak yang mengungkapkan apa isi pesan Zelensky kepada Putin.

Jokowi ke Ukraina pada Rabu (30/6/2022) menuju Moskwa untuk bertemu Putin.

“Meskipun situasi eksternal masih sulit, tapi tetap penting untuk bergerak menuju penyelesaian dan dialog terbuka,” kata Jokowi di Rusia.

Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin usai melakukan konferensi pers bersama di Istana Kremlin, Moskwa, Rusia. Jokowi bertemu Putin pada Kamis (30/6/2022) setelah kunjungan ke Ukraina sehari sebelumnya.DOK SEKRETARIAT PRESIDEN Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin usai melakukan konferensi pers bersama di Istana Kremlin, Moskwa, Rusia. Jokowi bertemu Putin pada Kamis (30/6/2022) setelah kunjungan ke Ukraina sehari sebelumnya.
Jokowi menambahkan bahwa Indonesia ingin perang Ukraina vs Rusia segera berakhir.

“Saya mengajak seluruh pemimpin dunia untuk menghidupkan kembali semangat kerja sama,” tambah Jokowi.

Baca juga:

Indonesia berada di bawah tekanan Barat untuk mencoret Putin dari KTT G20, setelah pada April mengumumkan bahwa dia diundang.

Sementara itu, Zelensky pada Rabu (29/6/2022) mengatakan kepada Jokowi bahwa ia akan menghadiri KTT G20 di Bali tergantung pada siapa lagi yang hadir.

Putin pada Kamis (30/6/2022) memuji pembicaraannya dengan Jokowi sebagai hal yang produktif.

“Saya yakin bahwa kesepakatan yang dicapai hari ini akan semakin memperkuat kemitraan Rusia-Indonesia,” tambah Putin.

Jokowi bertemu Putin lebih dari empat bulan sejak perang Rusia Ukraina dimulai pada 24 Februari 2022. Moskwa berusaha mendekat ke Asia dan Afrika setelah terjerat sanksi Barat yang bertubi-tubi belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca juga: Keluh Kesah Putin kepada Jokowi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com