Kompas.com - 01/07/2022, 11:28 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia berencana buka penerbangan Moskwa-Bali. Hal ini disampaikan Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kremlin pada Kamis (30/6/2022).

Dikutip dari situs resmi Kremlin (1/7/2022), kedua pemimpin negara fokus pada bidang kerja sama yang penting seperti pertukaran kemanusiaan, budaya, wisata, dan pendidikan.

Pembukaan penerbangan untuk pariwisata jadi salah satunya.

Baca juga: Putin Puas Bertemu Jokowi: Pembicaraan yang Bermakna

"Kami mendiskusikan kemungkinan melanjutkan layanan udara langsung antara Moskwa dan pulau resor Bali," kata Putin.

Pelonggaran Covid-19 serta aturan bebas visa membuat rencana ini digulirkan Putin. Kerjasama Indonesia-Rusia diharap bisa saling memberi keuntungan, khususnya meningkatkan denyut pariwisata.

Hubungan dagang Rusia dan Indonesia menurut Putin juga terus bertumbuh.

Dikutip dari rilis pers Kremlin, hubungan dagang bilateral tumbuh 40 persen dan naik lebih dari 65 persen dalam lima bulan pertama di tahun ini.

Baca juga: Keluh Kesah Putin kepada Jokowi

Fakta bahwa Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia juga membuat Putin berencana tingkatkan dialog antaragama Indonesia-Rusia

"Baru-baru ini delegasi dari wilayah Muslim Rusia mengunjungi Jakarta untuk pertama kalinya dalam sejarah," ungkap Putin.

Tak hanya itu, Rusia juga mendukung upaya Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20, yang akan digelar di Bali November mendatang.

Baca juga: Setelah Temui Putin, Jokowi Langsung Bertolak ke Abu Dhabi

“Kami sangat mendukung upaya Indonesia dan Bapak Presiden dalam mempersiapkan dan menjadi tuan rumah KTT G20, yang dijadwalkan berlangsung di Indonesia tahun ini,” kata Putin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Kremlin.ru
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.