Kompas.com - 30/06/2022, 17:43 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Suasana kota Hong Kong tegang menjelang kedatangan Presiden China Xi Jinping, yang dijadwalkan tiba pada Kamis (30/6/2022).

Xi Jinping mengunjungi Hong Kong untuk menghadiri peringatan 25 tahun penyerahan koloni itu dari Inggris kepada China.

Untuk memberi pengamanan kepada sang presiden "Negeri Panda", para pejabat setempat harus masuk sistem loop tertutup. Sebagian kota juga ditutup dan jurnalis dilarang menghadiri acara pada Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Mengenal Sistem Bubble di Olimpiade Beijing: Apa Itu Loop Tertutup dan Seperti Apa Kehidupannya?

Rincian seputar perjalanan Xi Jinping--yang pertama di luar China daratan sejak pandemi Covid-19--dirahasiakan, tetapi presiden berusia 69 tahun itu diperkirakan akan berada di Hong Kong selama Kamis (30/6/2022) hingga Jumat (1/7/2022).

Namun, Xi Jinping kemungkinan tidak akan menginap di Hong Kong melainkan bermalam di dekatnya yaitu Shenzhen, China daratan, menurut media lokal yang dikutip AFP.

Orang-orang yang ikut dalam kunjungan Xi Jinping ke Hong Kong, termasuk pejabat tinggi pemerintah, harus membatasi kontak sosial, melakukan tes PCR setiap hari, dan karantina di hotel pada hari-hari menjelang kunjungan.

Polisi pada Selasa (28/6/2022) mengumumkan penutupan jalan skala besar di Hong Kong, dan untuk sementara melarang penerbangan drone di seluruh kota dengan alasan masalah keamanan.

Presiden China Xi Jinping saat tiba di bandara internasional Hong Kong, 29 Juni 2017. Xi Jinping akan menghadiri acara untuk memperingati 25 tahun penyerahan Hong Kong ke China, menurut laporan media pemerintah pada 25 Juni 2022.AFP/ANTHONY WALLACE Presiden China Xi Jinping saat tiba di bandara internasional Hong Kong, 29 Juni 2017. Xi Jinping akan menghadiri acara untuk memperingati 25 tahun penyerahan Hong Kong ke China, menurut laporan media pemerintah pada 25 Juni 2022.
Situs-situs tertentu di seluruh pusat keuangan itu juga ditutup, termasuk terminal kereta api berkecepatan tinggi, tempat pertunjukan opera China, dan Science Park Hong Kong.

Sejumlah pekerja Science Park mengatakan kepada AFP, mereka belum menerima pemberitahuan tentang kunjungan Xi Jinping, tetapi mereka disuruh bekerja dari rumah pada Kamis (30/6/2022).

"Demi keamanan, jika kita akan bertemu dengan pemimpin tertinggi dan pemimpin lainnya dalam jarak dekat, saya pikir ada baiknya untuk masuk loop tertutup," kata Regina Ip politisi veteran pro-Beijing kepada AFP.

Baca juga:

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.