Kompas.com - 28/06/2022, 22:32 WIB

KOMPAS.com - Negara-negara kekuatan ekonomi utama dunia akan berkumpul dalam KTT G7 di Pegunungan Alpen Bavaria akhir pekan ini, tanpa absennya Rusia yang sebelumnya sempat masuk dalam aliansi tetap menjadi sorotan.

Negara yang tengah terlibat perang dengan tetangganya Ukraina itu sudah tidak lagi menjadi anggota aliansi dalam beberapa tahun terakhir, apa penyebabnya?

Baca juga: G7 dan PBB Keluarkan Kecaman atas Serangan Rusia ke Mal Kremenchuk: Barbar dan Mengerikan

Sebagai salah satu negara yang diperhitungkan turut mendominasi ekonomi dunia, Rusia adalah anggota "G8" hingga 2014.

Tetapi “Negara Beruang Putih” dikeluarkan dari grup ekslusif itu sebagai tanggapan atas pencaplokannya Krimea, bagian dari Ukraina.

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sempat mengatakan bahwa ia berencana untuk mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke pertemuan puncak yang dijadwalkan pada 10-12 Juni 2020, di Camp David di AS.

Wacana itu memicu kemarahan Inggris dan Kanada, yang mengatakan bahwa mereka tidak akan mendukung penerimaan kembali Moskwa.

KTT G7 itu faktanya harus dibatalkan karena pandemi Covid-19.

G7 melihat dirinya sebagai negara-negara yang berkomitmen untuk demokrasi, hak asasi manusia dan supremasi hukum, serta kemakmuran dan pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Rusia Gagal Bayar Utang Luar Negeri, Bangkrut Juga seperti Sri Lanka?

Dalam penolakannya saat itu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pada konferensi pers bahwa Rusia "terus-menerus tidak menghormati dan melanggar aturan dan norma internasional", dan itulah alasan mengapa Rusia tetap keluar dari G7.

Seorang juru bicara Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan Inggris akan memveto setiap proposal agar Rusia bergabung kembali dengan kelompok itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.