Kompas.com - 28/06/2022, 13:00 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Otoritas Sensor China menghapus kutipan menyesatkan dari seorang pejabat senior Partai Komunis yang diterbitkan di media pemerintah Senin (27/6/2022).

Pejabat itu mengklaim kebijakan "nol-Covid" akan tetap berlaku di Beijing untuk lima tahun ke depan dalam upaya untuk menjinakkan serangan balik online.

Beijing Daily, surat kabar resmi Partai Komunis untuk ibu kota Tiongkok, dilansir CNN, sebelumnya melaporkan bahwa ketua partai kota itu, Cai Qi, mengatakan bahwa "untuk lima tahun ke depan, Beijing akan dengan tegas menerapkan langkah-langkah pengendalian pandemi Covid-19".

Baca juga: Saingi China, G7 Gelontorkan Rencana Infrastruktur Global hingga Nyaris Rp 9 Kuadriliun

Cai Qi juga menyebut China akan menegakkan prinsip kebijakan Covid untuk mencegah masuknya kasus impor dan kasus domestik agar tidak kembali.

Referensi yang dilaporkan oleh Cai, yang merupakan sekutu dekat Presiden China Xi Jinping, untuk "lima tahun ke depan" memicu reaksi besar di media sosial China.

Sebagai tanggapan, Beijing Daily menghapus kalimat itu, menggambarkannya sebagai "kesalahan pengeditan" sambil membiarkan komentarnya yang lain tentang kontrol pandemi tetap utuh.

Baca juga: Sejarah Kenapa China Disebut Tiongkok di Indonesia

CNN meninjau seluruh pidato dan kutipan sementara yang diterbitkan Beijing Daily menyesatkan.

Cai memang membahas panjang lebar kemungkinan mempertahankan kebijakan nol-Covid di ibu kota selama periode lima tahun ke depan.

Kontrol pandemi yang akan tetap berlaku termasuk tes PCR rutin, aturan masuk yang ketat, pemeriksaan kesehatan rutin di lingkungan perumahan dan tempat-tempat umum.

Pemantauan dan pengujian ketat untuk orang yang masuk dan meninggalkan Beijing, kata media pemerintah mengutip Cai, juga tetap berlaku.

Baca juga: Covid-19 China Melandai: Beijing Buka Kembali Sekolah, Shanghai Umumkan Nol Kasus

Halaman:

Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.