Mengaku Sakit Kanker, Wanita Ini Berhasil Galang Dana Rp 5 Miliar, Ternyata Dipakai Berfoya-foya

Kompas.com - 27/06/2022, 16:31 WIB

KENT, KOMPAS.com - Seorang wanita mengaku menderita penyakit parah dan berhasil menggalang dana Rp 5 Miliar lebih dari ribuan simpatisan, yang tergerak memberikan bantuan tanpa menyadari sedang ditipu.

Nicole Elkabbas berbohong dalam penggalangan dana online dan dikenai hukuman penjara selama dua tahun sembilan bulan setelah kejahatannya terungkap.

Baca juga: 2 Menteri Inggris Terkecoh, Penipu Rusia Korek Informasi Rahasia dan Permalukan Mereka

Dalam penggunaannya, wanita berusia 44 tahun itu mengaku membutuhkan pengobatan untuk menyelamatkan nyawanya dari kanker ovarium.

Sumbangan pun mengalir dari ribuan simpatisan yang tergerak dengan cerita bohong yang dia unggah di situs penggalangan dana massa online.

Tapi wanita itu menghabiskan uang sumbangan tersebut untuk liburan mewah di luar negeri dan mendanai kecanduan akan judi.

Sejak penangkapan penipu itu, penyelidik menghitung dia meraup total mengejutkan sebesar 360.000 euro (Rp 5,6 Miliar) melalui eksploitasi kriminalnya.

Ironisnya menurut laporan The Sun pada Minggu (26/6/2022), proses pengadilan memutuskan bahwa wanita asal Broadstairs-Kent ini dinyatakan hanya perlu membayar kembali kurang dari Rp 100.000 dalam 28 hari ke depan atas dana yang telah massa yang digunakannya.

Baca juga: Elizabeth Holmes, “Miliarder Wanita Termuda Dunia” Divonis atas Penipuan Teknologi Kesehatan

Pengadilan memutuskan penipu tidak memiliki aset atau "prospek realistis" untuk membayar kembali seluruh jumlah pada sidang penyitaan.

Padahal ibu satu anak ini menipu banyak simpatisan untuk membantunya membayar pengobatan kanker ovarium yang menyelamatkan nyawa yang tidak pernah dia butuhkan.

Dia membuat halaman Go Fund Me (situs penggalangan dana massa online Amerika Serikat), yang sepertinya dibuat oleh ibunya, yang dia rawat sepenuhnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.