Kompas.com - 26/06/2022, 18:02 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Sebuah roket Katyusha menghantam dekat kompleks gas milik Emirat di wilayah semi-otonom Kurdi Irak tanpa menyebabkan kerusakan atau korban, menurut pejabat setempat.

Tiga serangan roket dalam 72 jam ditembakkan pada Sabtu (25/6/2022) menargetkan kompleks gas Khor Mor, yang dimiliki oleh perusahaan energi UEA Dana Gas, kata Sediq Mohammed, seorang pejabat dari distrik Qadr Qaram sebagaimana dilansir Al Jazeera.

Baca juga: Badai Pasir Kambali Terjang Irak, Penerbangan Sampai Dihentikan

"Roket itu menghantam sekitar 500 meter area di luar kompleks," katanya. Tidak ada klaim segera atas serangan itu.

Counter-Terrorism Group, sebuah badan keamanan di wilayah Kurdi di Irak utara, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa total enam roket telah menghantam ladang gas Khor Mor, yang terletak di antara kota Kirkuk dan Sulaimaniyah.

Serangan roket Katyusha menargetkan kompleks yang sama pada Rabu dan Jumat, juga tanpa menimbulkan korban atau kerusakan.

Baca juga: Dituduh Menyelundupkan Artefak, Ahli Geologi Inggris Dihukum 15 Tahun Penjara di Irak

Infrastruktur energi di tempat lain di wilayah semi-otonom Kurdi juga diserang dalam beberapa pekan terakhir.

Pada Mei, terjadi kerusakan kecil setelah serangan roket di kilang Kawergosk, barat laut ibu kota wilayah Erbil.

Pada April, tiga roket menghantam di dekat fasilitas yang sama - salah satu yang terbesar di daerah itu. Tidak ada korban atau kerusakan yang dilaporkan.

Baca juga: 5 Roket Hantam Pangkalan Militer Irak yang Dihuni Pasukan Asing

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.