Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terkini: Severodonetsk Dikuasai Rusia

Kompas.com - 26/06/2022, 07:33 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SEVERODONETSK, KOMPAS.com - Severodonetsk dikuasai Rusia, kata wali kotanya pada Sabtu (25/6/2022) dalam lanjutan perang Ukraina terkini.

Perang Rusia Ukraina selama berminggu-minggu terakhir memperebutkan kota utama di Ukraina timur tersebut.

"Kota ini sepenuhnya diduduki oleh Rusia," kata Wali Kota Oleksandr Striuk dikutip dari AFP.

Baca juga: Pasukan Ukraina Diperintahkan Mundur dari Severodonetsk, Kalah dari Rusia?

Pada hari yang sama, juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengumumkan "pembebasan total" Severodonetsk serta desa-desa terdekat di Borivske, Voronove, dan Syrotyne.

"Semua wilayah di tepi kiri sungai Donets dalam batas wilayah Luhansk berada di bawah kendali" pasukan Rusia dan pro-Rusia, katanya.

Tentara Ukraina pada Jumat (24/6/2022) mengatakan, akan menarik pasukannya dari Severodonetsk, kota berpenduduk sekitar 100.000 jiwa, sebelum berperang untuk mempertahankan kota Lysychansk di sebelahnya.

Severodonetsk dan Lysychansk sama-sama terletak di wilayah Luhansk.

Striuk melanjutkan, warga sipil mulai mengevakuasi dari pabrik kimia Azot, tempat beberapa ratus orang bersembunyi dari serangan Rusia.

"Orang-orang ini sudah hampir tiga bulan hidup di ruang bawah tanah, tempat penampungan. Itu sulit secara emosional dan fisik," ungkapnya seraya menambahkan bahwa mereka sekarang membutuhkan dukungan medis dan psikologis.

Baca juga:

Separatis pro-Moskwa mengatakan, pasukan Rusia dan pro-Rusia menguasai pabrik Azot dan telah mengevakuasi lebih dari 800 warga sipil yang berlindung di sana.

"(Pasukan) mengambil kendali penuh dari zona industri pabrik Azot", kata perwakilan separatis Andrei Marochko di Telegram.

Juru bicara separatis lainnya, Ivan Filiponenko, berujar bahwa sekitar 800 warga sipil yang berlindung di pabrik selama berminggu-minggu pertempuran telah dievakuasi.

Setelah Severodonetsk dikuasi Rusia, jika Lysychansk juga direbut pasukan Moskwa maka akan secara efektif memberi mereka kendali atas wilayah Luhansk, dan memungkinkan mereka untuk masuk lebih jauh ke Donbass.

Baca juga: Pertempuran di Kota Severodonetsk Jadi Penentu Nasib Ukraina Timur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com