Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Pelatih Selamatkan Atlet Renang AS yang Pingsan dan Nyaris Tenggelam di Dasar Kolam

Kompas.com - 25/06/2022, 19:09 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AFP

HUNGARY, KOMPAS.com - Atlet renang Amerika Serikat (AS) Anita Alvarez "setidaknya dua menit tanpa bernapas" setelah pingsan dan jatuh ke dasar kolam di kejuaraan dunia, menurut pelatihnya yang berpikir cepat dan menyelamatkan hidup atletnya.

"Saya pikir dia setidaknya dua menit tanpa bernapas karena paru-parunya penuh dengan air," kata pelatih Andrea Fuentes, peraih medali renang artistik Olimpiade empat kali sebagaimana dilansir AFP pada Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Misteri Restoran Terapung Jumbo Hong Kong: Katanya Tenggelam, tapi...

"Dia memuntahkan air, batuk dan hanya itu, tapi itu sangat menakutkan," kata Fuentes.

Perenang berusia 25 tahun itu tenggelam ke dasar kolam setelah pingsan di akhir rutinitasnya selama final bebas solo Rabu (22/6/2022) malam di Budapest.

Sementara itu, setelah diketahui bahwa Alvarez pingsan saat berkompetisi sebelumnya, penyelenggara lokal dan badan pengelola olahraga mendapat kecaman karena penjaga pantai dituduh tidak bereaksi cukup cepat terhadap insiden tersebut.

Sementara itu Fuentes, bisa melihat tanda-tanda peringatan bahwa Alvarez dalam masalah.

Dia akan berlaga

"Saya melihat kakinya sedikit lebih putih dari biasanya, jadi saya pikir darahnya tidak berjalan seperti biasa," kata Fuentes kepada BBC.

"Biasanya ketika Anda menyelesaikan (gerakan) apa yang benar-benar ingin Anda lakukan adalah bernapas, tetapi bukannya naik dia malah turun."

Fuentes, mengenakan celana pendek dan T-shirt, menyelam ke dasar kolam dan menyeret Alvarez ke permukaan.

Baca juga: Restoran Terapung Mewah Hong Kong Tenggelam di Laut China Selatan

"Itu adalah ketakutan besar. Saya harus melompat karena penjaga pantai tidak melakukannya," kata Fuentes kepada media Spanyol.

"Ketika saya melihatnya tenggelam, saya melihat ke arah penyelamat, tetapi saya melihat mereka tercengang. Mereka tidak bereaksi."

"Saya pikir, 'Maukah Anda melompat sekarang?' Refleks saya muncul."

Alvarez dibawa dengan tandu ke pusat medis kolam renang, dengan rekan satu tim dan penggemar tampak shock di tepi kolam renang. Beberapa menangis menghibur satu sama lain.

Tim artistik AS merilis pernyataan dari Fuentes pada Kamis (23/6/2022) pagi, mengatakan Alvarez pingsan karena usaha yang dikeluarkannya selama rutinitas.

"Kami terkadang lupa bahwa ini terjadi di olahraga high-endurance lainnya. Marathon, bersepeda, cross country ...olahraga kami tidak berbeda dari yang lain, hanya (lokasinya) di kolam renang, kami mendorong kemampuan hingga batas maksimal dan terkadang kami mencapainya."

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com