Kompas.com - 25/06/2022, 16:03 WIB

KHARKIV, KOMPAS.com - Pemilik peternakan Lyubov Zlobina (62 tahun) mengaku selalu dilanda "mimpi buruk", "dihantui oleh lolongan sapi yang dibakar hidup-hidup" selama serangan pada 26 Maret.

Di sebuah peternakan di Ukraina utara, seekor sapi betina yang tampak ketakutan menjadi pincang sejak salah satu kaki belakangnya tercabik-cabik oleh pecahan peluru dalam serangan Rusia yang melanda peternakan di seluruh negeri sejak perang dimulai.

Baca juga: Pasukan Ukraina Mundur dari Severodonetsk, Pentagon: Rusia yang Rugi

Anak sapi berusia empat bulan selamat dari pemboman yang menewaskan sekitar sepertiga hewan di fasilitas daging dan susu di Mala Rogan, sebuah desa sekitar 25 kilometer (15 mil) selatan kota kedua Ukraina, Kharkiv.

"Saya berpegang teguh pada keajaiban kecil ini," katanya, mengacu pada sapi yang terluka, bunyi tembakan bergema di kejauhan sebagaimana dilansir AFP.

"Saya memberinya antibiotik dua kali tetapi sayangnya lukanya masih mengalir dan dia tidak bertambah gemuk," tambahnya.

"Jika kita bisa mengeluarkan pecahannya, mungkin dia akan pulih. Untuk operasi, kita harus membawanya sangat jauh dan kita tidak bisa (pergi)," kata Zlobina tampak kesal.

Pada minggu-minggu pertama perang, Mala Rogan ditangkap oleh pasukan Rusia. Sejak itu tentara Putin telah dipukul mundur, tapi mereka meninggalkan pemandangan mengerikan seperti neraka.

Suami Zlobina, yang bertugas sebagai tentara Soviet di Afghanistan, menunjukkan kepada wartawan AFP beberapa video yang diambil selama serangan itu.

Baca juga: Komedian Rusia Sebut Simbol Z di Dahi Harry Potter Tak Pro-Ukraina

"Kami berlari ke segala arah keluar dari gudang," kenang Mykolai Zlobin (57 tahun) menggambarkan bagaimana jerami di gudang terbakar. Seekor sapi yang sedang melahirkan terpenggal kepalanya.

Mereka harus merobohkan bagian dinding dengan traktor untuk mengeluarkan sapi-sapi yang terperangkap, sementara ledakan terjadi di sekitar kawanan yang panik.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.