Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Selatan Punya Modal Buat Rudal Lebih Besar Usai Sukses Luncurkan Satelit dengan Roket Sendiri

Kompas.com - 21/06/2022, 21:37 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AP

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan sukses melakukan peluncuran satelit pertama dengan menggunakan roket yang dikembangkan di dalam negeri pada Selasa (21/6/2022).

Kesuksesan ini meningkatkan ambisi kedirgantaraannya yang berkembang dan menunjukkan bahwa ia memiliki teknologi utama yang diperlukan untuk meluncurkan satelit mata-mata, serta membuat rudal yang lebih besar, di tengah ketegangan dengan saingan Korea Utara.

Baca juga: Populasi Seoul Terus Menurun, Kenapa Warga Korea Selatan Enggan Tinggal di Ibu Kota dan Apa Dampaknya?

Roket Nuri tiga tahap menempatkan satelit “verifikasi kinerja” yang berfungsi pada ketinggian target 700 kilometer (435 mil) setelah lepas landas pada pukul 4 sore waktu setempat, dari pusat peluncuran luar angkasa Korea Selatan di pulau selatan.

Satelit mengirimkan sinyal tentang statusnya ke stasiun Korea Selatan tak berawak di Antartika.

“Itu membawa empat satelit yang lebih kecil, yang akan dirilis dalam beberapa hari mendatang untuk observasi Bumi dan misi lainnya,” kata pejabat kementerian sebagaimana dilansir AP.

“Ilmu pengetahuan dan teknologi Republik Korea telah membuat kemajuan besar,” kata Menteri Sains Korea Selatan Lee Jong-Ho dalam konferensi pers yang disiarkan televisi di pusat peluncuran.

“Pemerintah akan melanjutkan langkahnya yang berani untuk menjadi salah satu kekuatan luar angkasa bersama dengan rakyat.”

Dalam konferensi video dengan ilmuwan dan pihak lain yang terlibat dalam peluncuran tersebut, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengucapkan selamat kepada mereka atas pencapaian mereka.

Dia berjanji untuk memenuhi janji kampanyenya yakni mendirikan badan antariksa negara, menurut kantornya.

Siaran langsung TV menunjukkan roket setinggi 47 meter (154 kaki) naik ke udara di tengah nyala api yang terang dan asap putih tebal.

Baca juga: Kebakaran di Firma Hukum Korea Selatan Diduga Serangan Disengaja, 7 Tewas, Puluhan Terluka

Capaian bersejarah

Peluncuran tersebut menjadikan Korea Selatan sebagai negara ke-10 di dunia yang menempatkan satelit ke luar angkasa dengan teknologinya sendiri.

Ini adalah peluncuran roket Nuri kedua Korea Selatan.

Dalam upaya pertama Oktober lalu, muatan “dummy” roket mencapai ketinggian yang diinginkan tetapi tidak memasuki orbit karena mesin roket tahap ketiga terbakar lebih awal dari yang direncanakan.

Korea Selatan, yang memiliki ekonomi terbesar ke-10 di dunia, adalah produsen utama semikonduktor, mobil, dan telepon pintar. Tetapi program pengembangan luar angkasanya tertinggal dari negara tetangga di Asia, China, India, dan Jepang.

Korea Utara menempatkan satelit pengamatan Bumi ke orbit pada 2012 dan 2016, meskipun tidak ada bukti bahwa salah satu dari mereka pernah mengirimkan citra dan data berbasis ruang di negaranya.

Halaman:
Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com